Mohon tunggu...
Endang Srirukmini
Endang Srirukmini Mohon Tunggu... Guru - Anak Bangsa, itu aja ko ----

Jangan lupa bersyukur Ig.endangsri.amin

Selanjutnya

Tutup

Music

Kenalkan Musik pada Anak Sedini Mungkin

1 Desember 2020   21:30 Diperbarui: 5 Desember 2020   15:02 32 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
www1.parsonsmusic.com

Secara kemampuan ( Intelegensi) setiap anak berbeda-beda dari kemampuan kognitif, kreativitas, bakat, minat, kemampuan sosial anak, kematangan emosional dan kemandirian. Dan setiap anak itu itu unik, dan memiliki kemampuan sendiri. SISDIKNAS no 20 tahun 2003  dalam penjelasan UU. RI.NO.20 menyatakan bahwa pendidikan nasional mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memperdayakan semua warga Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Howard Gardner menyatakan bahwasanya intelegensi muncul lebih awal pada manusia dibanding intelegensi lain adalah bakat musik. Kemampuan musikal adalah suatu kemampuan yang di mana peke terhadap nada, dan irama. Seseorang yang memiliki kemampuan musik akan lebih cepat tanggap atau bisa dalam memainkan alat musik.

Musik adalah suatu yang sangat penting yang ada dalam kehidupan manusia. Butuh keterampilan khusus dalam mengajarkan anak musik. Bukan sembarang orang yang dapat mengajarkan anak musik. Butuh pengetahuan dan kessabaran dalam mengajarkan anak bermain musik atau mengenal musik pada anak. sekarang banyak musisi yang mengambarkan perasaan dan kehidupan mereka dengan musik. Untuk mengekspresikannya dengan musik.

Pada pengembangan kreativitas anak menggunakan musik harus belajar dari dasar tentang musik misalnya mengetahui tentang unsur-unsur musik. Mengajarkan dasar musik kepada anak bukanlah suatu kerjaan yang mudah bagi orang yang mengajarkan musik pada anak. Mengajarkan musik berarti mengajarkan bunyi. Unsur utama dalam suatu lagu adalah irama dan melodi. 

Dalam pengembangan kreativitas anak melalui musik diliat dari usia anak dan mengembangkan kreativitas dengan musik menggunakan metode tertentu yang di mana metode ini akan memudahkan orang yang mengajarkan musik dan bagi anak sendiri akan lebih mudah dalam memahami apa yang diajarkan.

Cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan kretivitas musik pada anak antara lain diantaranya:

  • Mendengarkan kepada anak berbagai macam jenis musik.  Dengan mendengarkan anak musik dapat membuat imajinasi anak berkembang, dengan musik juga otak anak akan diransang, semakin sulit ridme musik makan otak anak akan semakin berfikir dan belajar. Dengan musik juga melatih anak untuk berkonsentrasi, memusatkan perhatian dll.
  • Mendengarkan musik dan lagu diikuti dengan gerakan.Dengan musik seseorang mewakilkan perasaannya. Bukan hanya dengan musik saja, yang dapat mewakilkan perasaan, dengan gerakan tari juga dapat mengekspresikan perasaannya,  gerak juga dapat mengembangkan kemampuan motorik anak.  Musik dan gerakan dapat mengembangkan kemampuan kinestetik, dengan bergerak dan mendengarkan musik juga membuat orang merasa senang, dan bahagia. Musik dan gerak dapat mengembangkan kemampuan emosional anak.
  • Memberikan kesempatan kepada anak utuk memainkan instrumen musik. Dengan bermain alat musik anak dapat mengespresikan emosional dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. jangan memaksa anak untuk memainkan alat musik yang kita inginkan. Biarkan anak untuk memilih alat musik apa yang mereka mainkan. Walaupun dalam bermain alat musik, hasil bunyi dan suara dari alat musik tersebut tidak baik atau tidak benar.  Tugas pendidik atau orang tua adalah mengajarkan anak bermain musik yang baik dan benar. Agar anak tidak salah dalam memainkan musik tersebut.

  Alasan kenapa musik sangat penting bagi perkembangan anak, dikarenakan?

  • Musik dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Imajinasi dan kreativitas tidak dapat muncul begitu saja pada diri anak, akan tetapi perlu stimulus yang dapat mengembangkan dan menumbuhkan kreativitas dan imajinasi pada anak. dengan musik dapat melatih bekerjanya otak kanan anak yang dimana dapat memproses. Lagu, irama, nada, not dll. Dengan mendengarkan lagu, dengan secara ketidaksadaran anak, mereka sudah mengemabangkan imajinasi dan kreativitas. Banyak yang terjadi dilingkungan masyarakat, seseorang yang mengerjkan tugas sambil mendenarkan musik, dan berdasarkan apa yang mereka katakan bahwasanya dengan musik, ide-ide dalam mengerjakan tuga muncul-muncul saja. Dan musik juga dapat membuat orang tidak stres dengan  suatu hal yang mereka pikirkan.
  • Dapat meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan lain.  Anak sekarang dalam hal mendengarkan musik akan cepat diingat dan dihafalkan walaupun hanya dibagian ref saja, karena hal itu dapat dibuktikan bahwasanya musik dapat meningktakan kecerdasan anak. dengan musik kecerdasan yang dikembangkan bukan hanya kecerdasan musikal akan tetapi kecerdasan lainnya seperti kecerdasan bahasa, dan kognitif.  Dengan musik juga dapat memberikan kecerdasan metamatik pada anak, dengan cara apa ? yaitu dengan cara anak akan menghafalkan notasi-notasi pada alat musik yang mereka mainkan. Jadi, secara tidak sadar mereka mengembangkan kemampuan matematik mereka.
  • Meransang daya ingat Musik adalah sala satu hal yang cepat sekali ditangkap oleh siapa pun, termasuk anak-anak. pembelajaran sekarang yang dilakukan dikelas, banyak yang menggunakan musik agar anak dapat dengan mudah memahami dan menangkap materi yang pendidik sampaikan. Semisal pendidik meminta anak menghafal huruf hijaiya tanpa menggunakan musik atau lagu pasti anak akan lupa, akan tetapi apa bila diminta dengan menggunakan lagu dan musik pasti akan dengan mudah mereka mengucapkanny

Dalam memberikan stimulus dengan musik pada anak, sebaiknya jangan berlebihan karena dapat buruk bagi perkembangan kognitif anak. pengembangan musik pada anak seperlunya saja, jangan berlebihan. Biarkan anak memilih alat musik yang mereka suka, tugas pendidik hanya mengarahkan mereka dengan baik. Dengan musik banyak hal yang dikembangkan dari beberapa aspek perkembangan anak sepeti aspek perkembangan bahasa, kognitif, sosial emosional dan aspek lainnya.

Sumber:

 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan