Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Olahraga di Rumah Bisa Dilakukan Sambil Duduk

29 April 2021   20:45 Diperbarui: 29 April 2021   21:02 352 20 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Olahraga di Rumah Bisa Dilakukan Sambil Duduk
Olahraga sambil duduk (dok.pri)

Kebanyakan di rumah membuat kita semakin mager (malas gerak). Tak terkecuali dengan saya yang biasa membelah kota atau menyusuri alam bebas. Godaan untuk terus rebahan sangat tinggi. Tak heran jika berat badan pun bertambah selama pandemi.

Namun saya harus menyadari efek buruk dari pertambahan berat badan. Baju-baju yang menjadi sempit, sedih jika tidak bisa dipakai lagi. Lebih sedih lagi karena untuk membeli baju baru akan menyebabkan pengeluaran keuangan yang cukup besar. Padahal saat ini kita sedapat mungkin berhemat.

Kalau dalam usia saya, memang sudah sangat sulit menurunkan berat badan. Apalagi karena saya keturunan dari ibu yang juga gemuk. Tapi saya menolak untuk menjadi lemah. Setidaknya saya menjaga agar berat badan tidak semakin bertambah.

Nah, saya berusaha jalan kaki setiap sore, sekitar satu kilometer atau setengah jam lebih. Selain itu, bisa ditambah olahraga di rumah dengan cara yang sederhana. Bahkan bisa dilakukan sambil duduk.

Olahraga ini hanya menggunakan media pelengkap sebuah botol minuman. Botol itu yang membantu pergerakan tangan dan kaki untuk berolahraga sambil duduk. Kelihatan remeh, tetapi dalam waktu setengah jam membuat kita berkeringat.

Berikut ini contoh gerakan berolahraga sambil duduk : 


 kursi.

VIDEO PILIHAN