Mohon tunggu...
Elly Suryani
Elly Suryani Mohon Tunggu... Pekerja sekaligus blogger

Secangkir kopi, sehembusan angin. Pekerja yang senang melihat dan menganalisa trend data.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Mau Ditabok Sama Pempek? Yuk di Palembang Ada Pempek Tabok

23 Juni 2019   20:11 Diperbarui: 24 Juni 2019   11:29 0 17 6 Mohon Tunggu...
Mau Ditabok Sama Pempek? Yuk di Palembang Ada Pempek Tabok
Sumber Foto: tribunnews.com

Pernah ditabok sama pempek ? Belum? Wah rugi besar ini. Kompasianer harus mencoba ditabok sama pempek. Enak dan bakal ketagihan

Kok bisa ? Ya iyalah ini bukan sembarang tabok. Tapi ditabok sama pempek. Tidak sakit malah asyik dan mengenyangkan. Sayangnya, sensasi ini harus ada rasakan di tempat asalnya, Palembang. 

Pempek Tak Bercuka, Apa Enaknya?

Yupz di Palembang ada varian pempek yang disebut "Pempek Tabok". Ukurannya besar, selebar telapak tangan (Setabokan) orang dewasa kalau digunakan untuk menabok. Untung sekadar nama saja 😘

Pempek Tabok
Pempek Tabok
Makan satu, kenyang banget
Makan satu, kenyang banget
Ukurannya selebar mangkok alias setabokan tangan orang dewasa
Ukurannya selebar mangkok alias setabokan tangan orang dewasa

Rasanya, jangan tanya. Enak, gurih dan maknyus. Saya bilang ini segurih pempek kulit. Biasanya dibuat dari daging merah yang oleh beberapa kedai pempek dijadikan pempek kulit (kalau saya, he pempek kulitnya betul-betul dari kulit ikan). Bedanya pempek ini ukuran jumbo.

Resep Pempek Kulit Ikan Tenggiri

Setahu saya hanya ada  1 (satu) kedai yang membuat pempek ini di dunia, yaitu Kedai Palembang Harum di Jalan Merdeka Nomor 811 Talang Semut, Palembang. Tak jauh dari kantor Walikota Palembang.

Tempat ini meski sederhana cukup populer di kalangan wisatawan dan traveler. Selain pempek dengan andalan menu "Pempek Tabok"nya yang terkenal itu. Kedai ini juga menyediakan kue-kue terutama kue khas legendaris Palembang asli seperti bolu kojo yang disediakan dalam kertas cup mungil, maksuba, engkak ketan dan lain-lain.

Suasananya homy dan cozy saya bilang. Furniture dengan meja dan kursi bangku kayu. Ornamen sederhana dan dinding dipenuhi lukisan dan beberapa fotografi suasana Kota Palembang zaman dulu. 

Di dinding kedai ini kita bisa melihat kawasan Sekanak, kawasan jalan Merdeka, dan jembatan Ampera dengan suasana tempo dulu dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x