Mohon tunggu...
Leony Sondang Suryani
Leony Sondang Suryani Mohon Tunggu... -

Leony Sondang Suryani, hanya anak bangsa biasa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pengendara Motor Wajib Tau Ini!!

11 Juni 2014   22:05 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:11 951
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Hai selamat siang :D

Siang ini, berbeda dari biasanya, saya akan berbagi tentang Undang-Undang Lalu Lintas. :)

Kenapa ? Jadi ceritanya, sudah 3 hari ini kerjaan saya mondar-mandir naik motor. Ternyata saya bisa !! Kirain selama ini gak bisa. Eh ternyata pas 2 hari yang lalu saya coba, saya bisaaa. Heheheheee :p

Dan dalam 3 hari masa percobaan saya bersama si Biru milik Bapak saya, saya akui saya belum menjadi pengendara yang baik. Masih banyak salahnya. Heheheee. Hari pertama, saya lupa pakai helm. Emang siih ga pake helmnya pas mutar-mutar komplek doang. Tapi kan itu ga bener ! Papa bilang, mau jauh atau dekat, kalau naik kendaraan WAJIB pake helm. Trus, pertama bawa motor, saya ga tau cara nyalain lampu sen dan cara nyalain lampu. Iyaa! Akhirnya ga saya nyalain. Cuek aja deh. Paling orang-orang juga ga nyalain lampu. Pikir saya waktu itu. Trus pas di jalan, saya perhatiin, oraang-orang lain pada nyalain lampu. Ya ada sih yang gak.. Cuma ya jadinya saya kan malu ! Dulu pernah tau sih dari Papa kalau berdasarkan undang-undang lalu lintas, mau siang kek apa malam, lampu motor itu wajib nyala. Kemudian, saya pulang ke rumah, manggil-manggil adik saya dan nanya ke dia cara nyalain lampu motor gimana. Heheheee -______-

Belum lagi kemampuan belok membelok, motong memotong, dan sebagainya yang bisa saya katakan JELEK -______- Yang mengakibatkan berkali2 jantungku serasa mau copot. HAHAHAAAA Akhirnya, tiap saya bawa motor, saya slalu berdoa dalam hati smoga orang-orang yang sedang berkendara di sekeliling saya tabah saat bertemu dengan saya di jalan.Saya tau mereka gondok banget ketemu pengendara motor kayak saya. Dan semoga semua selamat sampai tujuan O:) Dan saya sadar betul tuh. Itu membahayakan bagi diri saya sendiri, bagi orang lain, serta bagi kantong saya (Saya ga punya dompet. Weeek :p). Iyaa! Jujur aja nih yaa, bukan mau ngegosip yang aneh-aneh. Cuma ya sebagai warga, kita musti tau betul nih masalah perundang-undangan. Kenapa ? Soalnya tidak bisa dipungkiri,sering kali ketidak tahuan kita ini disalah gunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Nah ini nih yang sering terjadi. Banyak lhoo yang pernah mengalaminya. Jadi mari kita pelajari. Kita mulai dari hal-hal apa yang harus lengkap saat kita mengendarai motor.

• Pakailah Helm Standar Nasional Indonesia (SNI)

Nah, dalam UU pasal 57 ayat (2) dan pasal 106 ayat (8), pengendara motor diwajibkan untuk menggunakan helm SNI. Sanksi bagi pelanggar aturan ini adalah pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 291). Sanksi yang sama juga akan dikenakan bagi penumpang yang dibonceng dan tidak mengenakan helm SNI. Makanya kalau beli helm, beli aja langsung yang SNI. Jadi jangan tunggu ditilang dulu baru pakai SNI. Rugi kaan bayar 250rb ? Kalau kamu beli dari dulu, ga bakal kena 250rb. Lah kalau kamu ga pake SNI, uang 250rb yang harusnya buat beli helm itu jadinya kamu pake buat bayar sanksi dan kamu ga dapat helm. Jadinya kamu musti keluar duit lagi buat beli helm SNI. -___-

• Kamu ga punya SIM ? Siap-siap denda Rp 1 Juta

Nah ini penting nih ! Selama ini denda bagi pengendara yang tak punya SIM hanya sekitar Rp 20.000. Tapi,UU Lalu Lintas yang baru tidak mau memberikan keringanan bagi pengendara yang tidak mengantongi lisensi berkendara. Sanksi pidana ataupun denda sudah tidak ringan lagi. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak memiliki SIM, akan dipidana dengan pidana kurungan empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281). MAHAL KAAAAAN ?????!!!! Makanya jangan melanggar -_________________-

• Harus Konsentrasi dalam Berkendara Menurut pasal 283 UU Lalu Lintas, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi, dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan kurungan atau denda paling banyak Rp 750.000. Jadi kalau lagi bawa kendaraan, jangan galau mikirin pacar dulu deeh. Bahaya tau. Trus jangan sambil smsan. :3

• Lengkapi kaca spion dan lain-lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun