Mohon tunggu...
Ekrut Official
Ekrut Official Mohon Tunggu... Penulis - EKRUT MEDIA OFFICIAL

Memberikan informasi lengkap seputar dunia kerja dan pengembangan karier.

Selanjutnya

Tutup

Karir

8 Tips Membuat Foto Lamaran Kerja yang Profesional!

19 Mei 2021   16:37 Diperbarui: 20 Mei 2021   17:48 217 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
8 Tips Membuat Foto Lamaran Kerja yang Profesional!
www.ekrut.com

Adanya foto lamaran kerja seringkali menjadi salah satu persyaratan dalam sebuah CV. Ada baiknya kamu melampirkan foto lamaran kerja yang terlihat profesional. 

Jika kamu bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuat foto lamaran kerja yang profesional? Tenang saja, kamu akan menemukan jawabannya di bawah ini

8 Tips membuat foto lamaran kerja profesional

Foto lamaran kerja yang profesional dalam CV dapat menjadi salah satu caramu agar dilirik oleh rekruter, loh. Yuk, ketahui cara membuatnya

1. Pilih latar belakang foto yang netral

Agar perekrut tidak salah fokus ketika melihat foto lamaran kerjamu, lebih baik kamu pilih latar belakang foto yang netral. Pastikan tidak ada hal yang mencolok di latar fotomu, ya!

2. Pilih foto lamaran kerja yang terbaru

Manusia merupakan makhluk yang dinamis dan terus berubah. Oleh karena itu, pastikan foto lamaran kerja yang kamu cantumkan pada CV-mu adalah foto terbarumu. Sehingga, tampilan wajah pada foto serupa dengan tampilan wajahmu sekarang.

3. Tampilkan pose yang bagus

Pose yang dimaksud di sini bukanlah pose heboh, tersenyum lebar, maupun pose bermuka cemberut. Dalam foto lamaran kerja yang dianggap profesional, kamu hanya perlu berpose dengan menampilkan senyum kecilmu dan ungkapan melalui mata.

Berpose dengan senyuman kecil seperti itu akan menambahkan kesan ramah di mata rekruter.

Jangan lupa untuk rileks, ya!

4. Penggunaan kacamata

Bagi kamu yang menggunakan kacamata secara aktif, alangkah baik jika kamu kenakan kacamata di foto lamaran kerjamu. 

Sedangkan bagi kamu yang memakai kacamata hanya di saat tertentu saja, kamu tidak perlu menggunakan kacamata di foto lamaran kerjamu.

5. Foto secara close-up

Jangan lupa untuk memilih foto dengan bentuk close-up shot. Dalam foto lamaran kerja, biasanya rekruter meminta foto close-up yang hanya memperlihatkan ujung kepala hingga bahu atau dada.

Foto lamaran kerja dengan bentuk full body sangat jarang diminta oleh rekruter, kecuali untuk profesi tertentu seperti model.

6. Perhatikan lighting saat foto

Pencahayaan menjadi salah satu unsur penting ketika kamu foto lamaran kerja. Jangan sampai kamu berfoto dengan pencahayaan yang redup dan gelap sehingga tampilan wajahmu tidak terlihat dengan jelas.

7. Rias dirimu sebelum foto lamaran kerja

Sesuaikan dandananmu dengan perusahaan yang kamu lamar. Jangan berdandan secara berlebihan dan pastikan kamu mengenakan pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan

Dandananmu dari tatanan rambut hingga pakaian yang kamu kenakan dapat memberikan kesan profesional dalam foto lamaran kerjamu.

8. Taruh fotomu di sepertiga atas halaman CV

Peletakan foto di sepertiga atas halaman CV dianggap menjadi letak yang paling proposional menurut seorang penulis resume terkenal di New York yaitu Dawn Bugni.


Itulah tips membuat foto lamaran kerja yang profesional pada CV. Baca juga pentingnya foto lamaran kerja di artikel ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan