Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup itu berarti saat Mau belajar, Membaca dan Menulis

PNS, Pegiat sejarah dari Komunitas Reenactor Ngalam, Penggelola Musium Reenactor Ngalam dan Penulis Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Komunitas Hobi, antara Kesenangan dan Pengembangan

12 Juni 2019   16:01 Diperbarui: 12 Juni 2019   16:21 0 1 0 Mohon Tunggu...
Komunitas Hobi, antara Kesenangan dan Pengembangan
dokpri-Reenactor Ngalam

Punya Hobby dan bersama sama teman yang punya hobby yang sama kemudian membangun komunitas bersama, adalah sebuah upaya pengembangan potensi yang dimilikinya agar bermanfaat baik untuk anggota komunitas, namun juga bermanfaat untuk orang lain. Bagaimana dengan Komunitas Reenactor Ngalam? Bagaimana dengan komunitasmu? Artikel berikut mencoba membahas kesenangan hobby dan pengembangan komunitas agar lebih bermanfaat dan bermakna bagi Bangsa dan Negara. Penasaran? Selamat Membaca.

Hobby haruslah bermanfaat
Kamu punya hobby? Menjawab pertanyaan ini ketika di bangku sekolah dasar sama dengan ditanya apa cita citamu. Bohong jika seseorang dalam hidupnya tidak punya hobby apapun. Bahkan disadari atau tidak, bisa jadi seseorang bisa punya banyak hobby. contohnya ada seorang teman yang ketika saya tanya hobbynya apa? dia menjawab tidak punya hobby. Setelah ditengok kerumahnya, kegiatannya adalah membuat berbagai peralatan berbasis elektronik. 

Masih ingat itu di tahun 1990an saat kami masih SMA, dia mengembangkan sebuah rangkaian lampu sederhana yang jika siang hari, lampu itu padam dan malam hari menyala sendiri tanpa adanya saklar. Bahkan radio portablenya waktu itu bisa menangkap percakapan para pilot di pesawat yang lalu lalang di Kota Kami. 

Sebenarnya dia bukan tukang service elektronik dan tidak pernah membuka usaha service selepas lulus sekolah dan kuliahnya dikemudian hari. Dia juga tidak mau membantu menservice peralatan elektronik teman temannya yang rusak. Dia melakukan eksperimen itu demi kesenangan pribadi. Seperti itulah hobby, sekalipun dia tidak menyebutnya itu sebagai hobby.

Hobby adalah sebuah upaya yang disenangi secara pribadi yang dilakukan berulang ulang untuk tujuan kesenangan pribadi. Fungsi hobby adalah melepas kepenatan hidup setelah lelah beraktivitas sepanjang hari, selama sepekan, terus menerus selama setahun, agar tubuh dan pikiran menjadi fresh setelah hobbynya tersalurkan dan setelahnya siap menjalankan rutinitasnya kembali.

Tak ada aturan formal tentang hobby yang kamu tekuni, sepanjang hal tersebut menyenangkan, bermanfaat dan tidak melanggar aturan hukum positif yang berlaku disuatu negara. Orang orang yang hobby minum minuman memabukan, narkoba dan kekerasan pada pihak lain bukanlah hobby positif yang bermanfaat, bahkan cenderung melanggar hukum. 

Bahkan ada lelaki yang hobby mengganggu keharmonisan rumah tangga orang lain untuk tujuan mempengaruhi istri orang lain agar jatuh kepelukannya. Ada pula wanita yang melakukan demikian untuk alasan cinta, tapi pada dasarnya zina. Kalau cinta, padahal sudah punya suami resmi kenapa melakukan zina yang notabene cara cara binatang. Aturan Agama jelas mengatur dengan tegas agar prilaku lurus manusia bisa selamat dan berpahala. Dalam hal ini ikuti lagu Rhoma Irama sebagai berikut

Hobby memang bisa apa saja, asalkan memiliki makna menyenangkan. Apapun itu, tekunilah hobbymu yang bermanfaat untuk perkembangan intektual, sosial, spritual, kesehatan dan kepribadianmu. Orang yang hobby makan, jika tidak terkontrol akan mendatangkan penyakit diabetes menimpa dirinya. Seorang istri yang hobby dengan lelaki lain akan merusak keharmonisan rumah tangga dan mengorbankan masa depan anak anaknya karena memburu kesenangan dengan alasan cinta yang tak terlupakan, tapi intinya zina. Begitu pula seorang suami yang hobby main  cewek, apalagi senang jajan sembarangan dikhawatirkan kena penyakit berbahaya yang bisa ditularkan pada istri setianya. Orang orang yang hobby mabuk, juga merusak hidup dan kesehatan. 

Hobby apapun yang melanggar aturan hukum negara dan agama, pasti memiliki dampak. Jadi milikilah hobby positif yang bermanfaat. Hobby hobby ekstrim seperti memelihara ular pithon atau buaya dirumah, bagaimana jika hewan buas itu memangsa keluargamu sendiri? Hobby apapun pasti memiliki dampak dan efek samping. seorang yang hobby traveling hingga lupa pulang akan meninggalkan keluarganya hingga berhari hari untuk tujuan kesenangan pribadi, tapi metelantarkan keluarganya.

Hobby berkembang bersama Komunitas
Hobby positif yang dijalankan sendiri sendiri tidak akan mempunyai manfaat yang signifikan pada orang lain dan lingkungan sekitar. Misal hobby memancing. disatu sisi hobby ini menyenangkan bagi yang menyukainya. Tapi apakah ikan yang didapat setara dengan harga tiket masuk ke kolam pancing berbayar? Apakah ikan yang didapat sebanding dengan hilangnya perhatian seorang ayah pada anak anaknya yang ditinggal ayah sibuk memancing? juga apakah ikan yang didapat bisa membeli peralatan pancing super yang berharga mahal.

sebuah hobby dijalankan akan lebih asyik jika dilakukan dengan teman teman yang memiliki hobby yang sama. Mudah kok mendirikan komunitas, yang sulit adalah menjaga eksistensinya seiring sejalan dengan waktu dan kesibukan anggota komunitas. Masuknya unsur kepentingan di dalam komunitas sedikit banyak akan mempengaruhi masa depan komunitas. Dibutuhkan Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang mengatur secara intern sekaligus dibuat juga kepengurusan komunitas yang simple dan efisien agar komunitas punya rambu rambu bagi anggota dan kegiatannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2