Dunia customer service tampaknya makin kreatif. Berbareng dengan kian mudahnya teknologi perekam gambar, kreatifitas dikembangkan oleh sejumlah SPBU Pertamina. Sila tengok gambar di bawah ini. Ini adalah nota pembelian BBM di salah satu SPBU di Surabaya.
photoscan : Eddy Roesdiono
Laki-laki yang berdiri di dekat mobil pick-up itu adalah salah satu karyawan saya. Nota itu, selain memuat data rinci transaksi pembelian dan himbauan untuk tidak membeliBBM bersubsidi, juga menampilkan foto berwarna pelanggan yang sedang dilayani. Foto diambil melalui sebuah kamera yang dipasang di bagian atas pompa BBM.
Apa manfaat fasilitas nota berfoto ini? Tak lebih dari sekadar menempelkan nilai tambah pada fungsi nota. Dengan nota bergambar, karyawan yang saya tugasi mengisi tanki kendaraan bisa memberikan bukti pembelian yang jelas. Boleh jadi, juga pihak SPBU ingin memberikan pendidikan kejujuran pada konsumen. Nota bergambar ini menyiratkan bahwa tugas membeli BBM sesuai dengan volume yang diminta pemberi perintah telah dilaksanakan dengan memuaskan, tidak kurang, tidak lebih.
Apakah amenities serupa bakal ditiru oleh jenis bisnis yang lain? Entahlah. Penempelan foto seperti pada nota pembelian itu agar terasa menganggu privasi, karena memotret orang lain ‘kan lazimnya pakai minta izin.
Tapi, saya sendiri tak keberatan bila harus berpose selagi beli BBM. Sekalian saya akan menghadap kamera dan mengacungkan dua jari!
Peace!