Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Artikel Utama

PNS sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, Bagaimana Memaknainya?

20 Januari 2022   18:38 Diperbarui: 22 Januari 2022   03:56 736 41 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai abdi masyarakat dan negara. Foto: Kompas.com/Firman Taufiqurrahman

Belum lama ini saya menghadiri undangan penyerahan SK PNS 100 persen (Pegawai Negeri Sipil penuh -- setelah masa percobaan minimal selama setahun) bagi lebih dari 300 orang. Saya tercenung pada dua hal.

Pertama-tama saya melihat wajah masa depan pelayanan birokrasi di tangan mereka, para generasi muda PNS ini. Berikutnya, saya juga bertanya dalam hati, bagaimana dengan kesiapan hati dan jiwa mereka dalam posisi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat?

Kompetisi yang Ketat

Banyak anak muda setelah menyelesaikan studinya di perguruan tinggi berkompetisi menjadi PNS atau yang disebut juga dengan aparatur sipil negara (ASN). Mereka memandang posisi PNS sebagai bentuk keberhasilan dalam perjuangan di tengah kompetisi yang sangat ketat.

Di samping itu, posisi PNS dipandang sebagai jalan aman untuk menata diri dan karier. Dari segi pendapatan pun boleh dibilang cukup jika pintar mengatur.

Akan tetapi, sudahkah dipahami posisi PNS sebagai abdi masyarakat dan abdi negara? Posisi ini justru yang paling penting dan mendasar dalam kehidupan seorang PNS.

Pada zaman dulu para pejuang membebaskan negeri dari penjajahan dan setelah merdeka mempertahankan kemerdekaan hingga mengorbankan jiwa dan raga. Adakah semangat berjuang untuk memajukan negeri di alam kemerdekaan ini ada pada PNS kita saat ini?

Menjadi PNS bukanlah jalan untuk menjadi orang kaya. Mengapa? Karena ini adalah jalan pengabdian. Kalau ingin kaya, sebaiknya jadilah pengusaha atau entrepreneur yang sukses. Tetapi, kalau memilih sepenuhnya menjadi PNS, orang mesti siap-siap untuk tidak kaya, kendati tidak harus miskin.

PNS sebagai Abdi Negara

Apa pengertian abdi negara bagi PNS? Abdi negara dalam pemahaman saya adalah ia yang mengabdikan diri dan hidupnya demi negara. Maka, dia harus setia atau loyal kepada negaranya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Birokrasi Selengkapnya
Lihat Birokrasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan