Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Ekspansi Bisnis Lintas Budaya, Bagaimana Membuatnya Sukses?

17 Oktober 2021   20:46 Diperbarui: 18 Oktober 2021   17:03 980 36 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi | sumber : envato elements

Bisnis lintas budaya? Bisnis jenis ini merujuk pada kegiatan bisnis yang diselenggarakan pada budaya yang berbeda. Lintas budaya dalam konteks ini tidak mesti dalam kaitannya dengan bisnis internasional, juga bisnis dalam wilayah suatu negara.

Dalam ilmu komunikasi bisnis disebutkan bahwa pemahaman akan budaya setempat sangat penting kalau ingin bisnis berhasil. Jadi, setiap pelaku bisnis mesti memahami budaya tempat bisnisnya diselenggarakan.

Beberapa Pengertian

Sebelum lanjut, mari samakan persepsi terlebih dahulu tentang konsep komunikasi, bisnis, dan bisnis lintas budaya.

Apakah komunikasi itu? Secara umum, komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media atau saluran yang disediakan dengan harapan terwujudnya pemahaman yang sama terhadap isi pesan.

Lalu, apakah bisnis itu? Kita sering mendengar atau mengucapkan kata bisnis, bisa pula memahami apa yang dimaksudkannya. Akan tetapi ketika hendak mendefinisikannya atau memberikan pengertian, kita mesti berpikir keras: apa ya bisnis itu?

Terdapat beragam definisi tentang bisnis. Namun, secara sederhana, bisnis dimaknai sebagai aktivitas manusia yang berkaitan dengan penjualan atau pembelian barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan. Bahkan, ada yang menyebutkab bahwa bisnis adalah segala usaha untuk mendapatkan uang.

Selanjutnya, bisnis lintas budaya adalah upaya jual-beli barang dan jasa yang dilakukan antarbudaya yang berbeda, baik dalam wilayah suatu negara maupun internasional atau lintas negara.  Untuk membuatnya efektif, diperlukan kemampuan berkomunikasi lintas budaya.

Mengenal Budaya

Untuk menyukseskan bisnis lintas budaya, para pebinis -- mau tak mau, harus mengetahui budaya wilayah atau daerah yang menjadi target ekspansi bisnis mereka. Hal ini penting, agar aktivitas bisnis yang dilakukan memberikan keuntungan, bukan malah merugikan.

Setiap wilayah atau daerah memiliki budayanya masing-masing. Bahkan di wilayah yang relatif berdekatan, bisa saja terdapat perbedaan budaya. Indonesia merupakan salah satu contoh negara yang memiliki beragam budaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan