Mohon tunggu...
Dicky Saputra
Dicky Saputra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Talks about worklife and business. Visit my other blog: scmguide.com

-

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Bagaimana Cara Membangun Konsistensi dalam Tindakan Sebagai Kunci Sukses?

12 April 2024   10:00 Diperbarui: 20 April 2024   10:27 514
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kita tidak boleh mengabaikan konsistensi untuk mencapai sukses (Kien Lee/Unsplash)

Menginginkan konsistensi dalam melakukan sesuatu adalah tujuan yang umum bagi banyak orang. Tapi bagaimana kita bisa mencapai konsistensi itu?

Jawabannya mungkin terletak pada gabungan beberapa elemen kunci: prioritas, motivasi, disiplin, dan kemampuan manajemen waktu.

Prioritas yang Jelas

Langkah pertama yang esensial dalam perjalanan menuju konsistensi adalah menetapkan prioritas yang jelas. Ini membutuhkan pengidentifikasian yang jujur terhadap hal-hal yang benar-benar penting bagi kita dalam mencapai tujuan dan memenuhi tanggung jawab kita.

Dengan cara ini, kita bisa memfokuskan waktu dan energi kita pada hal-hal yang punya nilai tertinggi bagi kita secara pribadi. Proses ini dimulai dengan membuat daftar tujuan dan tanggung jawab kita, memungkinkan kita untuk secara sistematis mengevaluasi apa yang perlu dilakukan dan dalam urutan mana.

Selanjutnya, ketika kita punya daftar tujuan dan tanggung jawab yang terstruktur, kita bisa mengurutkannya berdasarkan urgensi dan signifikansi. Ini membantu kita untuk memprioritaskan tugas dan aktivitas yang paling penting atau mendesak, serta yang punya dampak terbesar terhadap pencapaian tujuan kita.


Dengan melakukan prioritisasi ini, kita bisa menghindari kebingungan atau penyebaran energi yang tidak produktif pada hal-hal yang kurang penting.

Dengan menetapkan prioritas yang jelas dan memprioritaskan tujuan dan tanggung jawab kita, kita memberikan landasan yang kokoh untuk mencapai konsistensi dalam tindakan kita.

Ini memungkinkan kita untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, mengalokasikan sumber daya kita dengan bijaksana, dan meningkatkan peluang kesuksesan jangka panjang.

Dengan kata lain, langkah pertama ini membantu kita membangun fondasi yang solid untuk konsistensi dalam perjalanan mencapai tujuan kita.

Motivasi yang Kuat

Meskipun menetapkan prioritas adalah langkah penting, tapi tetap saja tidak cukup untuk mempertahankan konsistensi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun