Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Kuasai 4 Keterampilan Penting Ini agar Bisnis Anda Maju Pesat

8 September 2021   04:46 Diperbarui: 9 September 2021   07:40 803 35 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi komunikasi bisnis | Sumber: Pexels/fauxels

Jika ada orang bertanya kepada Anda, apakah kualitas produk menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis? Apakah kualitas jasa yang diberikan menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha? "Ya, tentu saja," begitu jawab Anda seraya mungkin menjelaskan detailnya.

Akan tetapi, pada kenyataannya, keberhasilan memasarkan suatu produk, baik jasa maupun barang, banyak tergantung pada kemampuan berkomunikasi pengelola bisnis tersebut.

Karena ini menyangkut perusahaan atau lembaga bisnis yang besar maupun kecil, maka kita pakai istilah komunikasi bisnis.

Pada artikel kali ini, mari kita pahami apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis, lalu kita ketahui juga apa yang dimaksud dengan empat keterampilan komunikasi bisnis itu.

Definisi Komunikasi Bisnis

Istilah komunikasi bisnis adalah istilah yang bersumber dari dua kata yang disatukan. Pertama, kata komunikasi, dan kedua, kata bisnis.

Bagaimana kita memaknai istilah komunikasi? 

Secara definisi, komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator (pemberi/pengirim pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui saluran tertentu dengan harapan pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh komunikan.

Media atau saluran (channel) yang dipergunakan bisa bermacam-macam, bisa konvensional, bisa elektronik, dan bisa pula digital. Bahkan, gabungan beberapa di antaranya juga dimungkinkan. Istilahnya multiplatform dan multichannel.

Sementara itu, dalam pandangan penulis, bisnis dapat dimaknai sebagai usaha jual beli untuk mendapatkan keuntungan. Ada yang menyebutkan secara sederhana bahwa bisnis adalah segala usaha untuk mendapatkan uang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan