Digital

Contoh Penerapan Implementasi Data Mining dalam Penggunaan Media Sosial

21 Maret 2019   18:59 Diperbarui: 21 Maret 2019   19:04 75 0 0

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentukmedia sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Data Mining adalah Serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basisdata dengan melakukan penggalian pola-pola dari data dengan tujuan untuk memanipulasi data menjadi informasi yang lebih berharga yang diperoleh dengan cara mengekstraksi dan mengenali pola yang penting atau menarik dari data yang terdapat dalam basis data.

Sebagian besar media sosial memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk berinteraksi terhadap suatu konten. Memberikan komentar, melakukan voting, berbagi konten, ataupun komunikasi antar pengguna. 

Pengguna media sosial dapat terhubung dengan pengguna lainnya melalui fasilitas tautan (links). Proses pengiriman pesan melalui media sosial lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya, sehingga membuat informasi saling terhubung, mudah diakses serta cepat tersebar luas.

Seiring perkembangan teknologi, pemanfaatan teknologi saat ini menjadi lebih kompleks. Perusahaan merupakan salah satu pihak yang diuntungkan. Tentunya perusahaan harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini. Para pengguna media sosial dianalisis berdasarkan gender, sifat dan karakteristik. Seperti hobi, hal-hal yang disukai dapat dilihat melalui akun yang diikuti, konten yang disukai serta situs yang dikunjungi.

Berdasarkan analisis Data Mining perusahaan dapat menemukan informasi tersembunyi di dalam data pengguna. Sehingga perusahaan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan mengiklankan produknya sesuai karakteristik pengguna media sosial. Maka tidak jarang ketika user melakukan aktifitas media sosial, muncul iklan-iklan berupa gambar produk yang sesuai dengan karakteristiknya.

Sumber : 1 2 3