Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Guru - Yakini Saja Apa Kata Hatimu

Jagad kata

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ziarek dan Hasrat Melongok Keindahan Alam

13 November 2019   16:42 Diperbarui: 13 November 2019   16:48 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahukah ziarek untuk anda yang non Kristiani?

Penggabungan Ziarah dan Rekreasi  menghasilkan kata ziarek.

Pada bulan- bulan tertentu  bagi umat Katolik sering melakukan ziarah Gua Maria. Di berbagai daerah mulai banyak tempat ziarek Gua Maria hadir. Di Jawa Barat bisa dikunjungi di wilayah Cirebon di kaki gunung Ciremai. Namanya Cisantana. Gua Maria yang terletak di Kuningan itu cukup banyak pengunjungnya terutama di bulan Mei dan Oktober. Selain Cisantana, masih banyak wisata rohani lainnya yang ada di Jawa Barat.

Penulis lebih memfokuskan wisata rohani yang letaknya di Jawa Tengah. Dengan kendaraan pariwisata Gua Maria Kerep Ambarawa merupakan titik tujuan utama wisata rohani. Setelah keluar dari Tol Bawen, kendaraan menuju kota kecil Ambarawa. Kendaraan hanya tersendat di sekitar pasar Ambarawa. Setelah itu jalan lancar sampai ke lokasi peziarahan Kerep Ambarawa.  Dalam sejarahnya Gua Kerep Ambarawa diresmikan oleh Mgr Sugiyopranoto Uskup pertama Indonesia tahun 1954. Tadinya Gua Maria Kerep tanahnya milik penduduk lalu dibeli untuk memenuhi kebutuhan tempat ziarah rohani wilayah utara.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Tentang makna Ziarah Gua Maria

Apakah ada cerita dibalik pendirian tempat- tempat rohani khususnya wisata rohani Katolik yang identik dengan gua Maria?Menurut kepercayaan iman Katolik hadirnya gua Maria karena ada penampakan Bunda Maria pada orang- orang terpilih di tempat itu. setelah peristiwa bersejarah itu maka gereja Katolik menandai penampakan dengan membuat tempat peziarahan biasanya berupa gua, atau tempat sunyi sepi yang bisa menghasilkan peristiwa meditatif, yang mendorong peziarah berdoa di depan patung Bunda Maria. Peristiwa paling terkenal saat Bunda Maria menampakkan diri pada sosok perempuan suci bernama Bernadette Soubirous di sebuah gua di Laurdes,  Perancis 1858.

Di Indonesia sejarah munculnya gua Maria karena peristiwa pembabtisan seperti yang dilakukan Romo Van Lith yang membabtis orang- orang Jawa untuk pertama kalinya. Dari Sendang Sono muncul Gua Maria lain seperti Di Sriningsih Klaten, Jatiningsih di Klepu, Sleman Yogyakarta. Disusul banyak gua Maria  Seperti Gua Maria Kerep Ambarawa, Gua Maria di Weleri Batang, Gua Maria Lawangsih Di Kulon Progo dan Yang baru adalah Gua Maria Pereng dan Gantang. Di setiap Gua ada sejarahnya. 

Di Gantang jauh sebelum ada gua Maria penulis pernah melakukan liputan tentang Gantang. Dusun yang mayoritasnya beragama Katolik itu mempunyai sejarah menarik tentang Katolik. Ada seorang tokoh  bernama Pak Wito yang pernah mendapat karunia seperti wangsit atau boleh jadi petunjuk dengan melihat tujuh bintang di langit . menurut Pak Wito itu suatu keajaiban dan pertanda bahwa umat Katolik di Gantang akan berkembang. Bintang melambangkan 7 sakramen dalam tradisi Katolik.  

Puluhan tahun kemudian Gantang berdiri megah patung Maria yang oleh penggagasnya sekaligus yang membuat patung tersebut Ismanto di sebut Mbok Tentrem. Gua tersebut akhirnya di sebut Gua Maria Ratuning Katentreman. Penggambaran Maria tidak seperti biasa dengan mengacu pada sosok perempuan cantik berhidung mancung. Penggambaran Patung Maria di Gantang lebih mirip dengan sosok perempuan khas Gantang yang kesan wajah desanya kelihatan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun