Mohon tunggu...
Dwi Isnaini
Dwi Isnaini Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mompreneur yang menyukai dunia tulis menulis

Owner CV Rizki Barokah perusahaan dalam bidang makanan ringan. Penulis buku "Karakter Ayah Pebisnis untuk Sang Anak Gadis"

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Membuat Customer menjadi Pelanggan dengan CRM Flywheel Marketing

27 Januari 2022   04:22 Diperbarui: 27 Januari 2022   04:27 1160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Socialmediamarketer.id

Beberapa hari ini di grup bisnis saya berseliweran kata flywheel marketing. Sebuah istilah yang asing bagi telinga saya. Apa itu CRM flywheel marketing?

CRM adalah Customer Relationship Management, yaitu bagaimana mengelola hubungan dengan pelanggan. Sedangkan flywheel marketing adalah sebuah metode pemasaran yang objective-nya adalah menjadikan pelanggan sebagai pemasar produk kita secara sukarela.

CRM Flywheel menjadi sesuatu yang sangat penting karena biaya iklan itu mahal dan efektivitasnya juga tidak terjamin. Bisnis yang bagus pasti menginginkan pembeli menjadi seorang pelanggan dan ada repeat order.

Apakah cukup seorang pembeli menjadi pelanggan? Apakah cukup sampai repeat order saja?

Tidak! Seorang pelanggan harus mendatangkan pelanggan lain. Dia harus memprovokasi teman-temannya, saudara-saudaranya, keluarganya untuk membeli produk kita.

Kadang yang membuat kita sering baper dan makan hati adalah karena bertemu prospek yang CLBK (Chat Lama Beli Kagak), atau kena HTTP (Harapan Transfer Tapi Palsu). Padahal kalau kita sadari mereka semua adalah customer, baik mereka membeli produk kita atau tidak.

Pelanggan adalah asset yang sangat berharga. Perusahaan yang handal bukan hanya sibuk mencari pelanggan-pelanggan baru untuk memperbesar market-nya. Tapi, yang mampu merubah customer lama menjadi marketers bahkan storyteller.

Membahagiakan pelanggan dengan ikhlas adalah kunci agar roda flywheel ini bisa bergerak. Keberhasilan membahagiakan customer menjadi fokus utama yang selayaknya tak pantas diabaikan. Kebahagiaan yang hadir akan membentuk istana repeat tak terbatas. Belum lagi godaan yang customer sampaikan kepada orang terdekatnya akan membuat bisnis kita makin ramai karena akan mendatangkan banyak customer.

Bagai sebuah lirik lagu "sentuhlah ia tepat di hatinya, ia kan jadi milikmu selamanya", ungkapan ini bisa menjadi kunci dalam memikat hati customer dan meningkatkan level loyalitas customer. Membuat customer menjadi nyaman dan terbuka kepada kita adalah suatu hal yang penting.

Mengandalkan kekuatan marketer semata akan membuat biaya marketing menjadi besar dan menciptakan ketergantungan kepada marketer. Namun, ketika bisnis kita diputar dengan kekuatan customer juga, maka biaya marketing menjadi makin rendah dan membuat bisnis makin kuat dan sustain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun