Mohon tunggu...
DWI ELISA
DWI ELISA Mohon Tunggu... Guru - tetap semangat dalam mencari dan berbagi ilmu

"Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan." - Colin Powell

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Modul 3.3_Gerakan Jum'at Membatik_Gematik

11 Juli 2022   19:26 Diperbarui: 11 Juli 2022   19:29 892
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GEMATIK
(Gerakan Jum'at Membatik
)

Refleksi model 4F

( FACT, FEELING, FINDING dan FUTURE )

https://www.youtube.com/watch?v=G848xT_Sx80

FACT

 A. Latar Belakang Program

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Ekstrakurikuler  berguna sebagai sarana menyalurkan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif.

Para siswa SD adalah anak yang sedang dalam masa peralihan dari pribadi seorang anak menuju pribadi yang lebih dewasa, mereka cenderung menjauh dari orang tua dan lebih percaya pada teman, mempunyai energi yang besar sehingga mereka tampak lebih emosional. Kecenderungan lain adalah mereka berkelompok dengan teman yang memiliki kesukaan yang sama. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pada setiap sekolah di harapkan dapat menjadi wadah untuk penyaluran energi para siswa dan jenis kegiatanpun sangat beragam baik itu seputar olah raga, kesenian, keterampilan ataupun pengetahuan.

Disamping latarbelakang tersebut, program kegiatan Gematik ini di latarbelakangi adanya asset/modal social berupa Sanggar Seni Batik Tetuko yang berada dekat dengan sekolah yaitu wilayah Desa Sumberkepuh, Kecamatan Tanjunganom. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan modal tersebut maka Penulis merancang program ekstrakurikuler GEMATIK. Melalui ekstrakurikuler Gematik akan melatih ketrampilan siswa sehingga para siswa memiliki skill dan meningkatkan kreativitas serta tanggungjawab yang dapat dikembangkan untuk kemudian hari. Selain itu, dengan berlatih membatik akan melestarikan batik sebagai kekayaan daerah khususnya Batik khas Nganjuk.

B. Tujuan Program 

Melalui ekstrakurikuler GEMATIK harapannya siswa dapat:

1. Memahami beraneka jenis batik

2. Memahami media pembuatan batik

3. Memahami beraneka jenis motif batik

4. Memahami teknik pembuatan batik

5. Membuat beranekaragam karya batik

6. Memamerkan karya batik

C. Tolok Ukur Keberhasilan Program

Program ini dikatakan berhasil apabila siswa menunjukkan :

  • Pemahaman terhadap bahan-bahan yang digunakan untuk membatik
  • Antusiasme dalam mengikuti program gematik
  • Perkembangan bakat dari masing-masing individu

D. Deskripsi Program 

  • Program Gematik dilaksanakan untuk kelas 4-6
  • Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan satu minggu sekali.
  • Kegiatan awal adalah memperkenalkan batik, bahan-bahan dan peralatan yang digunakan dalam membatik.
  • Kegiatan kedua adalah menunjukkan bagaimana cara membuat pola atau sketsa batik
  • Kegiatan ketiga adalah melakukan penebalan sketsa batik dengan menggunakan lilin yang dcairkan.
  • Kegiatan keempat, menjelaskan bagaimana cara pewarnaan.
  • Kegiatan berikutnya adalah cara nglorot atau menghilangkan lilin dari kain batik.
  • Yang terakhir program gematik adalah pameran karya dilakukan setelah beberapa hasil karya batik siswa telah selesai dibuat.

E. Hasil Aksi Nyata.

  • Koordinasi Program Dengan Kepala SekolahHal pertama yang saya lakukan adalah berkoordinasi dengan kepala sekolah mengenai program baru yang akan dilaksanakan. Hal ini penting dilakukan untuk mendapatkan persetujuan serta dukungan dari kepala sekolah sebagai penanggungjawab program sekolah. Selain sebagai manager dalam kegiatan sekolah, Kepala sekolah adalah motivator yang akan mendukung program-program sekolah baik moril maupun materiil. Kepala sekolah sebagai asset utama dalam program sekolah, maka pemanfaatan dari peran kepala sekolah haruslah optimal.

  • Sosialisasi program kepada Rekan guru, Murid dan Orangtua Murid.

Setiap program sekolah tidak akan berjalan sukses apabila pemanfaatan segala asset kurang optimal. Dalam program Gematik ini, banyak sekali asset manusia yang dapat dilibatkan dalam program. Selain Kepala Sekolah, asset manusia berikutnya adalah Rekan Sejawat di SD Negeri 4 Sumberkepuh, Murid, juga Orangtua murid. Maka penting sekali dilakukan sosialisasi program GEMATIK kepada mereka, agar Rancangan program yang akan dilakukan mendapatkan dukungan moril maupun materiil dari berbagai pihak.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi
  • Kegiatan Gematik

Kegiatan Gematik dilakukan setiap hari Jum'at setelah jam pelajaran berakhir. Peserta Gematik adalah siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6. Kegiatan Gematik dimaksutkan untuk melestarikan budaya local dan mengembangkan bakat murid dalam berkreatifitas. Dalam kegiatan membatik ini murid tidak dituntut untuk membuat pola batik yang ditentukan, tetapi sesuai dengan kemampuan masing-masing dan sesuai dengan minat dan kratifitas mereka.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

F. Dampak  Aksi Nyata

Dari kegiatan aksi nyata yang dilakukan selama 4 minggu ini banyak sekali dampak positif yang didapatkan, diantaranya :

  • Bakat anak tersalurkan
  • Kreatifitas murid terasah melalui kegiatan ini.
  • Murid mengetahui dan memahami jenis-jenis batik
  • Murid bersemangat dalam melestarikan budaya local.
  • Mewujudkan profil pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri dan berkebhinekaan global
  • Mengoptimalkan pemanfaatan asset yang ada disekitar sekolah.

FEELING

Pada saat perencanaan aksi nyata yang berdampak pada murid ini, saya merasa sangat tertantang untuk membuat sebuah program yang secara langsung berdampak positif bagi murid. Untuk itu saya antusias melakukan pemetaan asset di lingkungan sekitar SD Negeri 4 Sumberkepuh. Setelah pemetaan ini saya dituntut untuk menentukan asset mana yang dapat mendukung rancangan program saya.

            Terlaksananya Program Gematik ini membuat saya merasa lega, Bahagia dan juga optimis bahwa program Gematik ini akan berdampak langsung bagi murid untuk meningkatkan minat bakat dan kreatifitas murid. Kesuksesan program ini tidak terlepas dari kolaborasi dari teman guru, murid, stakeholder dan juga orangtua murid. Respon yang sangat luar biasa dari semua, membuat saya semakin antusias dalam melaksanakan dan mensuksesakan program Gematik ini.

FINDING

Banyak sekali pelajaran penting yang saya dapatkan dari aksi nyata pada modul 3.3 ini. Pelajaran pertama adalah bagaimana mendesign dan mengelola program yang berdampak pada murid. Dalam pengelolaan program ini menggunakan pemetaan Aset model BAGJA. Selain itu pelajaran penting yang dapat dipetik dari aksi nyata ini adalah pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak baik stake holder, murid, rekan sejawat maupun orangtua murid.

Selain itu sebagai seorang guru di harapkan dapat kretif dan inovatif untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila pada diri murid tidak hanya melaksanakan pembelajaran saja, akan tetapi juga melalui program-program sekolah baik itu intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler.

FUTURE

Rencana perbaikan program di masa depan adalah

  • lebih mengoptimalkan aset atau modal lain yang dapat mendukung program-program sekolah terutama program GEMATIK.
  • Konsisten mengaktifkan program sekolah baik ekstrakurikuler, kokurikuler maupun intrakurikuler.
  • Meningkatkan kualitas dalam pemberian wadah untuk tempat menuangkan minat bakat yang dimiliki murid
  • Perlu memberikan apresiasi bagi siswa yang berprestasi agar dapat menambah motivasi siswa tersebut maupun siswa lain agar lebih berprestasi.

DOKUMENTASI

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun