Mohon tunggu...
Deva Nurrafida
Deva Nurrafida Mohon Tunggu... Mahasiswa

Inspirasi dari berbagai imajinasi dan realitas

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

3 Kata Ajaib yang Harus Anda Terapkan Sejak Dini

8 September 2020   13:29 Diperbarui: 8 September 2020   13:32 125 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Kata Ajaib yang Harus Anda Terapkan Sejak Dini
(Sumber Pinterest diolah dari PicsArt)

Sering kali kita menganggap sepele 3 kata ini dalam bersosialisasi. Terkadang dalam lingkungan keluarga pun kita jarang mengucapkannya, padahal hal ini dapat berdampak baik bagi diri kita dan orang sekitar. Berikut 3 kata ajaib yang harus kita ketahui dan terapkan sejak dini.


1. Maaf

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata maaf memiliki beberapa arti, yaitu ungkapan permintaan ampun atau penyesalan, ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu, dan pembebasan seseorang dari hukuman (tuntutan, denda, dan sebagainya) karena suatu kesalahan.

Permintaan maaf sering dilupakan saat ego kita tinggi, tak ingin mengalah, dan sebagainya. Seolah-olah berat sekali untuk mengucapkan maaf saat kita memiliki kesalahan. Baiknya kita tidak memiliki sikap seperti itu, apalagi jika kita ingin dihargai orang lain, biasakan sejak dini untuk selalu mengucapkan maaf saat memiliki kesalahan.


2. Tolong

Kata kedua ini sering kita ucapkan saat kita membutuhkan bantuan atau pertolongan dari orang lain. Baiknya hal ini juga diajarkan pada anak-anak anda, agar ia terbiasa dan memiliki sifat yang baik.

Anda bisa mengajarkan sejak dini, seperti saat anda meminta tolong untuk diambilkan sesuatu, ucapkan kata "tolong" berulang kali, lalu saat sang anak sudah mengambilkan barang yang kita maksud ucapkan "terima kasih".

Lakukan hal itu berulang kali agar dapat ditiru oleh anak anda, karena seorang anak selalu meniru apa yang dilakukan orang tuanya, jadi orang tua harus selalu mencontohkan hal yang baik pula.


3. Terima Kasih

Seperti yang baru saya katakan, saat kita telah dibantu atau ditolong oleh seseorang maka hal selanjutnya yang kita lakukan adalah mengucapkan terima kasih. Tidak hanya saat dibantu atau ditolong orang lain, kita harus mengucapkan terima kasih saat menerima sesuatu atau hal yang baik dari orang lain.

Hal ini sangat sepele untuk dilakukan tetapi berat bagi sebagian orang untuk mengucapkannya. Jika anda masih merasa berat untuk mengucapkannya berarti anda merupakan orang yang egois dan tidak dapat menghormati orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN