Mochamad Duta Saputra

30 September 2022   07:40 Diperbarui: 30 September 2022   07:50 86
Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Jogja

Aku adalah seorang remaja kelahiran 2005 yang lahir di kota bandung. Aku memiliki seorang kaka yang tinggal di kota yang berbeda. Pada suatu waktu dia mengadakan sebuah acara keluarga dan mengundang kami untuk pergi ke rumahnya.Ketika aku tiba disana ada salah satu saudaranya yang kebetulan seumuran denganku mengajakku untuk pergi liburan ke Jogja pada tanggal 10 juni 2022 menggunakan kereta api dan aku menyetujuinya. Sambil  menunggu hari itu tiba, aku menabung untuk bekal pergi kesana.
Dua minggu kemudian hari itupun tiba namun sebelum ke Jogja, aku pergi ke sekolah seperti biasanya. Setelah bel pulang berbunyi aku segera membereskan bukuku dan bergegas untuk pulang ke rumah. Saat aku tiba di rumah, aku mempersiapkan barang - barang yang akan aku bawa seperti pakaian, air minum, dan makanan.
Waktu menunjukan pukul 15:00 sore aku memesan ojeg online untuk pergi ke rumah saudaraku dan berkumpul dengan teman - teman yang akan ikut pergi bersama kami berlibur ke Jogja. Sesampainya disana , aku mencoba beradaptasi dengan cara mengobrol dan bercanda dengan saudaraku beserta teman - temannya. Saat waktu hampir mendekati jadwal kereta yang sudah ditentukan, kami segera pergi ke stasiun Kiaracondong menggunakan angkutan umum yang sudah disewa untuk pergi kesana. Sesampainya disana ternyata kereta belum siap untuk berangkat, lalu kami memutuskan untuk menunggu diluar lalu membeli jajanan sambil mengobrol .
Terdengar pengumuman dari dalam stasiun yang menyatakan bahwa kereta akan segera berangkat dan kami berjalan menuju kereta tersebut dan segera masuk ke dalamnya. Setelah masuk , kami mencari nomor tempat duduk yang telah tertera sesuai tiket yang kami pesan.Setelah menemukan tempat duduk aku dan yang lainnya menyimpan barang bawaan masing - masing ke rak barang yang berada diatas tempat duduk kami. Setelah itu aku duduk sambil mendengarkan lagu dan bersiap untuk tidur, tetapi aku merasa tidak nyaman karena kursi yang aku duduki terasa keras dan membuatku tidak bisa tidur.Disepanjang jalan aku memandangi luar dari jendela kereta yang gelap untuk membuatku mengantuk dan bisa tertidur. Tidak terasa hari sudah pagi.Kami akan segera sampai ke tempat tujuan yaitu di Jogja.
Aku sampai di stasiun Jogja, lalu aku mengambil barang bawaanku dan pergi  keluar dari kereta dan juga dari stasiun .Ketika berada diluar , aku merasakan suasana yang berbeda dengan tempat tinggalku. Walaupun pagi hari udaranya terasa sangat panas,tetapi pemandangan yang disuguhkan kota Jogja sangat indah.Aku dan temanku segera mengambil motor sewaan  untuk berangkat ke tempat penginapan yang telah kami pesan.Pada pukul 10:30 pagi kami sampai di penginapan,lalu aku segera membereskan barang bawaanku dan beristirahat diatas kasur yang telah disiapkan oleh pelayan penginapan. Aku terbangun dari tidurku dan  salah satu temanku mengajak untuk pergi ke pantai "ke pantai yuk,kita refreshing menghilangkan penat setelah perjalanan"ujar temanku.Kami  bersiap - siap  untuk pergi ke pantai.
Pada jam 14:15 siang, kami berangkat menggunakan motor karena lokasi pantai yang akan dikunjungi sangat jauh dari tempat penginapan. Salah satu temanku menghimbau agar kami tidak saling berjauhan saat perjalanan karena ditakutkan terpisah satu sama lain dan terjadi hal yang tidak diinginkan. Selama perjalanan aku menikmati indahnya jogja walaupun pada awalnya sempat terjadi macet karena banyak sekali pengunjung yang berdatangan dan berfoto disana.Setelah sampai di pantai, kami masuk dan menikmati cuaca yang mendung dan segar .Aku sangat terpesona oleh indah nya pantai yang pada saat itu sangat bersih. Ombak disana sangat besar sehingga menerjang batu tebing sisi pantai.Di atas tebing itu terdapat pohon yang sangat rindang. Aku dan teman - temanku bermain air di pesisir pantai .Kami berfoto untuk menyimpan kenangan selama berada di pantai tersebut. Setelah  berfoto kami pun bermain bola dan membeli beberapa camilan dan minuman yang ada disana.Setelah itu memutuskan untuk pulang karena matahari mulai terbenam.
Diperjalanan menuju pulang, kami mengalami kendala hujan yang sangat deras dan sempat tersesat saat mencari jalan untuk kembali ke penginapan. Setelah mengalami kejadian yang lumayan merepotkan, kamipun sampai di penginapan dengan selamat. Bajuku dalam keadaan basah dan terasa dingin lalu aku membersihkan badan dan mengganti baju yang basah agar tidak sakit. Kami memesan makanan karena merasa lapar pada saat itu.
Setelah itu saudaraku mengajak untuk pergi ke tempat yang sangat terkenal disana yaitu Malioboro "setelah hujan seperti nya cuaca nya mendukung untuk pergi ke Malioboro nih, bagaimana kalau kita pergi kesana untuk cari jajanan sekalian foto-foto juga, bagimana?" ujar saudaraku.Aku dan lainnya pun setuju dengan itu "Iya juga yaa, seperti nya akan seru,okee kita berangkat kesana lagian ga jauh juga dari penginapan kita nih,aku juga ingin merasakan suasana malam di Jogja itu seperti apa" ujarku membalas ajakan saudaraku itu.
Kami telah sampai di Malioboro, yang pertama kami kunjungi adalah angkringan untuk membeli kopi dan makanan.Aku meminum secangkir kopi hangat tersebut sambil menikmati indahnya suasana di Malioboro. Kami meninggalkan angkringan itu dengan berjalan kaki dan memutuskan untuk berfoto foto. Setelah waktu menunjukkan pukul 22:20,kami menyempatkan diri untuk mampir ke sebuah toko untuk membeli oleh - oleh  keluarga dirumah,lalu kami memutuskan untuk pulang kembali ke penginapan. Sesampai nya di penginapan, aku segera membersihkan badanku dan bersiap untuk tidur karena hari sudah larut malam.
Tak terasa waktu pun sudah pagi. Aku segera mengambil handukku lalu mandi. Kami memesan makanan untuk sarapan,dan mengemasi barang untuk pulang pada pukul 21:00 sesuai jadwal keberangkatan yang pada tiket kereta yang kami pesan. Dengan adanya waktu luang, kami berkumpul sambil mengobrol dan bercanda seperti biasa sambil menceritakan pengalaman berkesan yanh telah dialami oleh salah satu temanku. Pada siang harinya, kami pergi untuk membeli baso yang ada di dekat penginapan dengan cuaca yang sangat panas.Tidak terasa waktu bergerak begitu cepat, saatnya untuk kembali ke penginapan.Kami membersihkan penginapan dan pergi ke stasiun untuk pulang,
sesampainya disana, kami menunggu kereta sambil menonton pertandingan bola. Saat itu tim yang bermain adalah Persib Bandung lalu kami bersama sama menonton pertandingan itu.Selang beberapa saat kereta pun tiba dan kami pun masuk dan mencari tempat duduk sesuai dengan nomor yang tertera di tiket kereta.Setelah itu aku bersiap siap untuk tidur dan mencari lagu untuk didengar sambil tidur,akupun tertidur lelap sampai waktu telah pagi.
 Tidak lama kemudian sampailah ke stasiun awal kami berangkat yaitu stasiun Kiaracondong. Aku segera mengambil barang yang aku bawa dan keluar dari kereta.Setelah keluar, aku berpisah dan berpamitan dengan saudara beserta teman - teman yang lainnya karena aku akan langsung pulang ke rumahku. Aku segera pergi ke loker untuk membeli karcis kereta api jurusan wilayah rumahku. Petugas stasiun kereta api mengumumkan bahwa kereta akan segera berangkat dan aku masuk kedalam kereta itu.
Disepanjang jalan aku merasakan perasaan yang sangat bahagia karena bisa berwisata ke Yogyakarta dan aku tidak akan melupakan momen yang indah itu. Waktu demi waktu berlalu dan aku telah sampai di stasiun kereta tujuan akhirku.Aku memesan gojek online dari stasiun untuk menuju rumahku. Saat sampai dirumah aku disambut oleh senyum ibuku dan memelukku. Dia sangat senang karena anaknya bisa pulang kembali dengan selamat.