Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

5 Jenis Pertanyaan untuk Menguji Kemampuan Membaca Siswa

5 April 2023   05:34 Diperbarui: 10 April 2023   12:43 5223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
5 Jenis Pertanyaan untuk Mengasah Kemampuan Membaca Siswa ( Ilustrasi: Pixabay.com)

Sebagai guru bahasa Indonesia, kita perlu memberi atau membuat pertanyaan untuk menilai kemampuan membaca para siswa. Dalam hal ini, kita kerap kali terjebak pada kondisi "mentok", sehingga memberi pertanyaan yang cenderung itu-itu saja tanpa tahu bagaimana kualitas pemahaman yang dicapai siswa.

Kemampuan membaca memiliki tingkat capaian pemahaman yang berbeda-beda. Oleh karena itu perlu pertanyaan yang juga bertahap dan bertingkat untuk menguji pemahaman membaca siswa. Dalam pembelajaran teks cerpen misalnya, kemampuan membaca siswa akan terlatih dengan sejumlah instruksi guru berupa pertanyaan-pertanyaan.

Berdasarkan tingkat pemahamannya, setidaknya ada 5 jenis pertanyaan yang dapat kita gunakan untuk menguji pemahaman membaca siswa. Jenis-jenis pertanyaan tersebut saya coba pelajari  dan uraikan sebagai berikut:

1. Pertanyaan literal

Pertanyaan literal dapat digunakan untuk menguji pemahaman tingkat dasar dalam membaca. Pertanyaan literal ini dapat menguji pemahaman siswa pada tataran "mengetahui" dan "mengingat" apa yang dibacanya. 

Walaupun kerap dianggap pertanyaan tingkat dasar, namun tingkatan pemahaman literal menurut saya juga penting, untuk menguji bahwa siswa mengerti isi teks yang dibacanya.  

Guru dapat memberikan pertanyaan literal kepada siswa tentang informasi yang secara eksplisit atau tertulis pada teks. Jenis pertanyaan literal ini menuntut jawaban "tertutup", memiliki satu jawaban benar dan jawaban itu pasti, tersurat, tampak pada teks bacaan.

Contoh pertanyaan literal dapat guru gunakan dalam pembelaran membaca teks cerpen, misalnya sebagai berikut:
a.       Di mana Latar tempat cerita itu terjadi?
b.      Siapa nama tokoh ibu pada cerita itu?
c.      Cerita tersebut menggunakan sudut pandang orang ke berapa ?

2. Pertanyaan Interpretatif?

Pertanyaan Interpretatif untuk menguji pemahaman membaca pada tingkat yang lebih kompleks dibanding pertanyaan literal. Pertanyaan interpretatif menguji kemampuan siswa dalam membaca informasi teks yang tersaji secara tersirat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun