Mohon tunggu...
Dowry RetnoMitayani
Dowry RetnoMitayani Mohon Tunggu... Lainnya - Humas

Saya adalah Panata Humas di Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas), perguruan tinggi vokasi dibawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PEM Akamigas Tingkatkan Layanan dengan Survei

27 Januari 2023   14:47 Diperbarui: 27 Januari 2023   15:03 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hasil SKM 2022 PEM Akamigas (dok Humas PEM A)

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) secara berkala telah dilakukan oleh Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas). Di tahun 2022, telah dilakukan 4 kali survei untuk melihat kualitas layanan yang diberikan PEM Akamigas kepada penggunanya diantaranya adalah mahasiswa, ASN, non ASN, mitra kerja dan orang tua mahasiswa. 

Pada triwulan/tahap IV di mana survei ini dilakukan pada bulan Desember 2022 lalu terhadap 300 responden, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dicapai sebesar 3,63 dengan nilai layanan 90,67 (sangat baik). Bisa dilihat pada gambar berikut:

Berdasarkan data di atas, PEM Akamigas telah memperoleh nilai yang sangat baik. Namun untuk bisa mencapai itu, PEM Akamigas terus melakukan perbaikan dan peningkatan layanan, sehingga bisa dilihat bahawa sepanjang tahun 2022 terjadi tren kenaikan nilai kualitas layanan. Hal ini bisa dilihat dari diagram berikut:

Pelaksanaan SKM triwulan pertama dilaksanakan di bulan Maret 2022, triwulan kedua di bulan Juni 2022, triwulan ketiga di bulan September 2022, dan triwulan keempat di bulan Desember 2022. Tren kenaikan nilai kualitas layanan PEM Akamigas ini terlihat dengan kenaikan indeksnya mulai dari 3,32 (baik), 3,61 (baik), 3,62 (sangat baik), dan di penghujung tahun 2022 berada pada indeks 3,63 (sangat baik). 

Penilaian kualitas layanan PEM Akamigas ini dilakukan terhadap 9 unsur layanan, diantaranya adalah unsur persyaratan layanan yang diberikan, unsur kemudahan prosedur layanan, unsur kecepatan layanan yang diberikan, unsur biaya/tarif, unsur layanan yang sesuai dengan ketentuan, unsur kompetensi petugas pemberi layanan, unsur perilaku petugas pelaksana layanan, unsur penanganan pengaduan layanan, dan unsur kecukupan dan kualitas sarana prasarana (sarpras).

PEM Akamigas sebagai institusi publik yang memberikan pelayanan utama pendidikan bagi mahasiswa ini tidak bisa berpuas diri dan harus terus melakukan perbaikan serta peningkatan layanan yang mengikuti perkembangan. 

Memberikan keamanan dan kenyamanan mahasiswa dalam belajar dan menyelesaikan masa pendidikan di PEM Akamigas. Memberikan keamanan dan kenyamanan bagi mitra kerja dalam bekerja sama dengan PEM Akamigas. Memberikan keamanan dan kenyamanan pula bagi para orang tua yang telah memberikan kepercayaannya kepada PEM Akamigas untuk mendidik putra/putrinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun