Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Ketika Ijinan Stasiun TV Terbesar di Filipina Ditolak DPR

11 Juli 2020   12:07 Diperbarui: 11 Juli 2020   12:06 148 41 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Ijinan Stasiun TV Terbesar di Filipina Ditolak DPR
Stasiun ABS-CBN, salah satu stasiun terbesar di Filipina harus berhadapan dengan keputusan yang memiluhkan. Pembaharuan ijinan operasinya tidak terkabulkan di DPR. Sumber foto: Angie de Silva/Rappler.com

Kemarin (10/20) menjadi hari yang cukup piluh bagi ABS-CBN. ABS-CBN adalah salah satu statiun TV terbesar di Filipina. Stasiun ini cukup berpengaruh di tengah masyarakat.

Ijinan pembaharuan operasi dari stasiun ini untuk 25 tahun mendatang ditolak oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPR) negara ini. Dengan penolakan ini, ABS-CBN tidak akan melakukan operasi sebagaimana mestinya.

Sebenarnya, ABS-CBN sudah diberhentikan operasinya beberapa bulan lalu. Tepatnya, 4 Mei lalu. Penghentiannya terjadi saat Filipina secara umumnya berada dalam situasi karantina karena pandemi korona.

Operasi stasiun ini mati total. Penghentiannya di 4 Mei lalu berhubungan beberapa kesalahan pihak stasiun di ijinan masa lalu (Rappler.com 10/7).

Di tengah situasi ini, pihak stasiun mengajukan perpanjangan pengoperasian ke pemerintah. Tetapi, setelah beberapa pertemuan antara pihak stasiun dan pemerintah, permintaan ijinan pengoperasian itu tidak dikabulkan.

ABS-CBN lebih dikenal sebagai Kapamilya. Stasiun ini menjadi salah satu stasiun TV yang diminati oleh banyak masyarakat.

Selama tinggal di Filipina, saya sendiri juga lebih banyak menonton ABS-CBN. Menonton stasiun ini bukan semata-mata mencari hiburan, tetapi karena ingin belajar Tagalog. Tagalog menjadi bahasa pengantar umum dari stasiun ini. Penggunaan bahasa Tagalog boleh jadi bertujuan agar pesan dan acara bisa bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat.

Menutup stasiun TV ini sama halnya mengibiri minat dan kesenangan masyarakat. Mereka tidak bisa lagi menonton beberapa acara favorit yang sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat.

Banyak yang menilai situasi yang dialami ABS-CBN dari sisi kebebasan pers. Tidak memberikan ijinan pengoperasian ABS-CBN sama halnya memotong kebebasan pers. Ya, bagaimanapun, ABS-CBN adalah salah satu instrumen dalam menyebarkan berita tentang situasi di Filipina.

Memang, edisi berita tidak mendominasi. Hanya jam-jam tertentu saja. Lebih didominasi acara hiburan, baik itu berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Saya sendiri tidak terlalu mengikuti perkembangan kasus antara ABS-CBN dan pemerintah. Kabarnya, tidak terkabulnya ijinan pembaharuan stasiun ini berhubungan dengan beberapa persoalan administratif. Barangkali karena ini, dominasi anggota DPR yang memilih jika pihak ABS-CBN tidak bisa membaharui operasinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x