Minimnya pengetahuan mengenai digital marketing bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di RT 8, Bogangin Baru, Karangpilang, Surabaya, membuat salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya bernama Dony Prasetyo ingin memperkenalkan mengenai penggunaan teknologi informasi komunikasi dan cara pembuatan masker kain melalui kegiatan sosialisasi.
Kegiatan Sosialisasi ini merupakan wujud dari kuliah kerja nyata (KKN) mandiri UNTAG Surabaya dengan mengangkat tema new normal pada tahun ajaran 2020/2021. Kegiatan ini muncul akibat beberapa kendala yang dihadapi oleh pemilik mitra usaha permak jahit di RT 8 RW V Bogangin Baru, Kedurus, Surabaya seperti kurang begitu memahami mengenai pentingnya digital marketing, serta kurangnya pengetahuan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Dony Prasetyo atau biasa dipanggil Dony merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, yang mengadakan kegiatan, serta didampingi langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bernama Ibu Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom., M.Med.Kom secara virtual
Sebelum memulai kegiatan sosialisasi, yang pertama yakni mengunjungi pemilik mitra usaha, permak jahit, yang bernama Ibu Tutik Sumarni, dengan memperkenalkan program kegiatan. Disaat memperkenalkan program kegiatan kepada beliau, beliau merasa senang dan tidak menyangka, bila usahanya akan terbantu adanya kegiatan sosialisasi ini. Setelah mendapatkan persetujuan dari beliau, akhirnya memutuskan kegiatan sosialisasi diselenggarakan pada tanggal 12 desember di kediaman rumah beliau dengan mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki tempat kegiatan. Kegiatan sosialisai dimulai dengan memberikan penjelasan mengenai masker kain lalu dilanjutkan dengan pembuatan masker kain. Pola digambar pada kertas manila lalu ditempelkan pada kain dan digunting mengikuti pola tersebut. Setelah itu kain dijahit dan akhirnya menjadi masker.
Setelah pembuatan masker kain selesai selanjutnya yang dilakukan adalah memberikan informasi mengenai strategi Marketing Mix 4P (Product, Price, Place and Promotion) informasi ini sangat bermanfaat bagi beliau agar usahanya dapat mampu bertahan, tetap berkembang di masa pandemi, dan diharapkan dapat menjadi solusi pengembangan usaha, sekaligus upaya dalam penerapan ilmu baru mengenai strategi pemasaran dalam pengelolaan keuangan sehingga bermanfaat secara berkala dan terus berlanjut kedepannya dan yang terakhir memperkenalkan apa itu digital marketing, manfaat, jenis-jenis, dan cara memulai digital marketing hingga ke strategi digital marketing. Karena dalam memasarkan dan membesarkan brand, digital marketing inilah sangat banyak digunakan. Dengan begitu beliau agar dapat menentukan nama usaha, menentukan logo usaha, dan menentukan media sosial apa yang akan digunakan agar beliau dapat dengan mudah dalam memasarkan jasanya dengan membagi konten, karena jaman sekarang orang banyak sekali menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari hari.
Beliau Berharap dari kegiatan sosialisasi ini perlu lebih sering dilaksanakan untuk membangun kesadaran dan pemahaman mengenai digital marketing dari langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat dan mengelola akun media sosial agar dapat memberikan jangkauan sasaran pasar yang lebih luas.