Mohon tunggu...
Dongeng Kopi
Dongeng Kopi Mohon Tunggu... Pramusaji - Berbiji baik, tumbuh baik!

Kedai Kopi yang terintegrasi dengan Taman Baca Alimin, serta Rumah Sangrai yang menghasilkan aneka kopi biji dan bubuk. Ruang paling pas untuk buku, kopi dan komunitas. Hadir di Umbulmartani, berada di kaki Merapi, dan Sasana Krida Dongeng Kopi Roastery di Tirtomartani, 700 meter dari Candi Kedulan, 5 Kilometer dari Candi Prambanan. Keduanya ada di Sleman Jogjakarta

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Kisah Penjelajah Waktu dari Dongeng Kopi Bagian 2

1 Mei 2024   01:37 Diperbarui: 14 Mei 2024   18:44 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Terlempar ke Salakanagara era Benua Atlantis. Dok. Dongeng Kopi

Rangga bergegas masuk begitu pelanggan terakhir selesai terlayani.

“Nyong pan tuku klambi oh, sing akeh dinggo wong wong” cecarnya

“Srog pilih bae ning larikan kene. Ijo ijo sing lagi laris. Akeh wong istana podo nggo model sing kie” ujar pedagang.


Selesai salin pakaian Rangga bergegas ke pusat kutanagari. Mencari tahu ia sedang di zaman apa, sebab agak membingunkan ketika ia dapati kiri kanannya sudah sangat maju melampaui periodesasi yang sempat ia pelajari di pelajaran sejarah dulu tetapi bahasanya bahasa kampung kelahirannya.

Setelah mencari tahu di kedai kopi dekat alun alun. Rangga akhirnya paham ia sedang di Salakanagara. Kedatuan paling pertama dari nusantara, sebuah imperium besar yang kekuasaannya sampai separuh bumi yang berpusat ditataran sunda; nama lama untuk nusantara.

Para warganya sangat menaati hukum dan tertib. Golongan cerdik cendekia menyatu bersama masyarakat, penguasanya alim, rakyatnya sejahtera. Sungguh negri yang kaya. Teknologi berkembang pesat. Orang orang berpindah tempat dengan kapsul terbang, lalu lalang di angkasa tetapi tidak bising dan tidak ada polusi. Semua kendaraan menggunakan tenaga alam sekitar seperti sinar matari, minyak jarak, angin, dan aliran deras air dari grojokan bendungan.


Semua orang giat bekerja, dan bangga dengan profesinya masing-masing. Kedai kopi jadi ruang bertukar wacana dan melahirkan banyak gagasan. Semuanya membicarakan hal hal yang menarik dan jauh dari mencibir, dan ngrasanin orang lain.

Semuanya serba berkecukupan. Nampak dari semua kalangan tua, muda, laki laki, perempuan mengenakan perhiasan emas dianggota badannya. Kalau lelaki memakai cincin emban emas ada batu mulia, memakai gelang dan senjatanya juga disepuh emas. Jika perempuan dari ujung kepala sampai kaki tidak ada yang kosong. Selalu ada perhiasan meski itu sederhana desainnya. Tidak ada upeti tinggi, tidak ada peraturan yang berat sebelah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun