Mohon tunggu...
Edukasi

Pengaruh Kehadiran CNN terhadap Pemasaran Global di Indonesia

11 November 2018   13:13 Diperbarui: 11 November 2018   14:05 0 0 0 Mohon Tunggu...

Media massa atau pers adalah suatu istilah yang digunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan suatu jenis media yang secara khusus didesain untuk dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Media massa memang sesuatu hal yang sering kita dengar, bahkan tidak hanya media massa saja tetapi juga media sosial ataupun media online. Kehadiran media sendiri dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari masyarakat kebawah hingga masyarakat diatas, media sangatlah penting untuk mengetahui letak perkembangan perekonomian di Indonesia. Salah satu contohnya ialah dengan adanya media kita dapat mengetahui perkembangan pemasaran global yang terjadi di negara kita sendiri. Saat ini, hampir semua stasiun televisi maupun saluran berita yang ada di indonesia menggunakan perantara media sosial untuk bisa membentuk citra maupun menyebarkan informasi terkini baik itu mengenai negara Indonesia maupun luar negeri.

Cable News Network Indonesia atau yang biasa disebut CNN adalah sebuah stasiun televisi dan situs berita milik Trans Media bekerjasama dengan Turner International. Saluran ini disiarkan pertama kalinya pada Senin, 17 Agustus 2015. Peluncuran utamanya berlangsung sejak 15 Desember 2015 dalam rangka memperingati ulang tahun Trans Media yang ke 14. Kehadiran CNN hingga saat ini dapat diterima oleh masyarakat luas di Indonesia. Kehadiran CNN di Indonesia dapat membantu masyarakat mengetahui informasi mengenai pemasaran global di negara lain. CNN sendiri tidak hanya bekerjasama dengan stasiun televisi di Indonesia tetapi juga memiliki channel maupun akun di media sosial seperti youtube, instagram, twitter, website dan lain sebagainya.

Pemasaran global adalah suatu proses untuk memfokuskan berbagai sumber daya (seperti SDM, modal uang ataupun aset fisik) dan berbagai tujuan dari suatu organisasi perusahaan lainnya untuk menanggapi ancaman pasar global serta memperoleh kesempatan di pasar global (pengerian pemasaran global menurut Philip Kotler & Kevin Lane Keller:2008). Peningkatan jumlah masyarakat yang menstimulasi akan kebutuhan berita yang aktual membuat kehadiran CNN sangat dibutuhkan. Dalam membuat berita CNN selalu memperhatikan kualitas dan kuantitasnya, dimana CNN selalu dapat menarik perhatian masyarakat dan membetuk sebuah citra yang positif baik itu di Indonesia maupun di dunia.

Jika dilihat dari seluruh akun sosial media milik CNN, dapat mencakup followers ataupun pengikut yang cukup banyak, namun kehadiran CNN juga tidak menutupi bahwa akun berita yang berasal dari Indonesia sendiri lebih banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Salah satunya ialah mata najwa, yang digemari oleh masyarakat Indonesia baik itu dari kalangan remaja maupun kalangan orangtua. Bervariasinya program yang dihadirkan CNN dan jam tayang yang cukup banyak membuat program ini lebih mudah dikenali. Untuk menjadi seorang penyiar berita harus memiliki talenta yang bagus, tidak dapat dipungkiri bahwa rata-rata penyiar yang bergabung dengan CNN memiliki talenta yang sangat bagus dan tentunya mengerti bahasa internasioanl, bahasa yang menjadi pemersatu seluruh negara di dunia.

Namun, kehadiran media luar seperti CNN juga tidak selalu menimbulkan sisi positif namun juga menimbulkan sikap pro dan kontra terhadap masyarakat, jika dilihat dari dampak positifnya kehadiran CNN dapat menjadi sebuah penghasilan bagi negara kita sendiri, dimana  CNN juga membuka jaringan peluang pekerjaan di Indonesia maupun diluar negeri, dengan begini pengangguran juga dapat berkurang, selain itu media ini berfungsi sebagai penyebaran informasi yang sangat membantu masyarakat. Dampak negatifnya ialah terjadinya persaingan antara media berita milik Indonesia dengan milik negara luar, yang menyebabkan ketakuatan akan kepemilikan media luar dapat menguasai media pemberitaan di Indonesia.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x