Mohon tunggu...
Dimas Eka
Dimas Eka Mohon Tunggu... Mahasiswa - hanya mahasiswa

sebuah pemikiran yang saya tuangkan disini

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dampak Insecurity terhadap Mental Illness

28 September 2021   13:46 Diperbarui: 28 September 2021   13:53 21 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Nama : Dimas Eka Saputra

NIM : 202110230311360

Pada era zaman sekarang ini banyak terjadi rasa insecure yang dialami oleh beberapa orang saat ini. Mereka menganggap insecure merupakan ketidakpercaan terhadap diri mereka sendiri.

Apasih insecure itu sebenarnya?

Insecure atau insecurity menurut Asta (2019) adalah tindakan dari adanya emosi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. 

Insecure adalah kondisi dimana mental seseorang sedang tidak aman. Kondisi ini menyebabkan seseorang merasa cemas atau takut secara berlebihan sehingga cenderung melakukan sesuatu dengan berhati-hati.

Perasaan takut dan cemas mungkin merupakan hal wajar. Namun, rasa cemas yang dideritanya tinggi dan dapat mengganggu kesehatan seharusnya jangan diabaikan begitu saja. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan hidup pengidapnya.

Insecure dapat juga diakibatkan karena adanya rasa kurang percaya diri dan malu terhadap dirinya sendiri, misalnya seperti bentuk fisik atau bisa juga kemampuan pada dirinya. Orang yang merasa insecure akan merasakan tekanan, khawatir, dan tidak percaya diri yang terlalu berlebihan karena harapan yang tinggi. Insecure berlebihan bisa menyebabkan terganggunya mental sebagian orang, sehingga bisa mengakibatkan hal yang serius terhadap mereka. 

Adapun beberapa hal yang menyebabkan insecure.

1.Takut terhadap kegagalan

Mungkin sebagian orang pernah mengalami takut akan kegagalan yang mengakibatkan dirinya merasa insecure dan takut akan kemampuannya yang membuat dia merasa tidak percaya diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan