Mohon tunggu...
Dilla Hardina
Dilla Hardina Mohon Tunggu... Human

Kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang pantas mendapatkan keajaibanmu🌻

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tips Membuat Resensi Buku yang Kreatif dan Berbobot

18 November 2020   04:49 Diperbarui: 18 November 2020   05:05 201 11 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Membuat Resensi Buku yang Kreatif dan Berbobot
Canva.com

Membuat resensi buku merupakan suatu kegiatan yang berupaya untuk mencurahkan tanggapan atau penilaian terhadap isi buku yang telah dibaca. Umumnya, para reviewer buku mengulas buku yang terbit belum lama. Sehingga, melalui resensi tersebut, pembaca dapat menilai dan memutuskan untuk ikut membaca buku tersebut atau tidak.

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa meresensi buku dengan baik dan benar. Walaupun sudah membaca buku secara keseluruhan, bahkan diulang-ulang, hal tersebut bukan jaminan seseorang bisa meresensi buku yang dikemas dengan kreatif dan berbobot.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya akan coba memberikan tips jitu membuat resensi buku yang kreatif dan berbobot. Seperti apa penjelasannya? Simak terus informasi di bawah ini:

Memilih Buku yang Akan Diresensi

Tips meresensi buku yang pertama adalah dengan memilih buku yang ingin diresensi. Anda perlu menentukan genre dan jenis buku yang akan diresensi. Setiap tahun, ada banyak buku yang diterbitkan oleh berbagai penerbit.

Anda tidak perlu bingung memilihnya karena anda bisa mempertimbangkan beberapa hal, seperti penerbit mana yang menerbitkan buku tersebut, seberapa menarik sinopsinya, sudah pernah diresensi orang lain atau belum dan lain sebagainya.

Ambil Foto Buku Tersebut

Jika Anda ingin membuat resensi buku dan mengirimnya ke media cetak atau online, maka jangan lupa untuk memotret buku tersebut. Usahakan untuk mengambil gambar seunik dan sekreatif mungkin agar tampilan buku nampak menarik.

Anda bisa memotretnya sebelum membuat resensi atau setelah membuat resensi. Hal yang terpenting adalah ketika hendak mengirimkan tulisan resensi, pastikan untuk mengirimkan pula foto bukunya.

Mencatat Identitas Buku

Tips membuat resensi buku yang selanjutnya adalah dengan mencatat identitas buku. Hal ini penting dilakukan karena di awal resensi, anda perlu mencantumkan identitas buku seperti nama penulis, judul buku, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, cetakan, dan harga buku. Bisa dibilang, ini merupakan informasi yang paling dasar dari buku yang diresensi tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x