Mohon tunggu...
Ayudila Arioksa
Ayudila Arioksa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Motto: Lucidity and Courage

Hiduplah seperti air hujan yang lebih memilih tanah, daripada berdiam diri diatas langit. -arioksa

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Sangkar untuk Kartini

2 Mei 2021   05:22 Diperbarui: 2 Mei 2021   05:39 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

23 Agustus 1900 kutuliskan sebuah surat
Untuk melampiaskan apa yang kurasa
Kepada wanita Belanda
Selama ini hanya satu jalan terbuka, bagi gadis  Bumiputera, akan menempuh hidup ialah "kawin".

Kota kelahiranku Jepara
Menjadi saksi aku membara
Ingin kuakui aku ingin lari dari tradisi
Merasa asing ketika yang lain manut, turut, dan luput

Kedua belas tahun umurku
Aku dikurung bak burung yang diikat disangkar
Diajarkan untuk terbang, namun kembali ke sangkar
Aku berteriak dan bercangkarama dengan dinding tak bertuan

Ayahku kuat teguh dan berpendirian
Aku tak ubah hanya wanita biasa baginya
Yang akan disanjung menjadi Raden Ayu

Setelah kucari tahu Raden Ayu bukanlah sosok yang kumau
"Aku ini belum apa-apa, dan dituntut untuk menjadi apa-apa" sangahku pada mereka

Otakku dipoles dengan ilmu
Dari perkembangan zaman baru
Namun aku tidak bisa berkembang seperti perubahan waktu

Tak bisakah, kalian melihat
Matahari sang surya pun mengalah pada bulan
Mereka tahu
Semua berjalan seperti semestinya

Aku, bersuara
Namun percuma
Tetap saja, laki-laki penentu perkara

Aku sering berdebat dengan saudara laki-lakiku
Aku iri atas takdir kemenangannya
Dia berkelana keujung samudra di beda benua

Semua orang bangga padanya
Inilah permainan  zaman yang tak bertiang

Kujalani, kudobrak
Sana sini
Keinginanku akan kuperjuangkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun