Mohon tunggu...
Diki Iskandar
Diki Iskandar Mohon Tunggu... Dosen - penulis

hobi dan minat terhadap bahasa dan sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel Rekomendasi

29 November 2022   13:18 Diperbarui: 29 November 2022   13:53 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

BAGIAN I

BUKU FIKSI 

    Sastra itu indah. Sering kita mendengar kalimat tersebut, namun pembuktian dari kata "indah" itu sendiri tentunya harus kita gali. Berbicara "indah" dalam konteks sastra, bukan berarti hanya persoalan pemandangan yang secara langsung terlihat, terdengar, tercium, atau mungkin terasa oleh indera lainnya. "indah" dalam konteks sastra adalah tentang bagaimana karya sastra yang berbentuk teks itu, dapat memancing imaji pembaca sehingga seolah-olah pembaca dapat melihat, merasa, mendengar, mencium dll. Hanya dengan kekuatan kata-kata.

Baca juga: Puisi untuk Guru

     Membahas mengenai karya sastra, kali ini penulis ingin memberikan saran mengenai buku fiksi; novel. Tentu saja buku-buku fiksi ini memiliki keunggulan "indah" tersendiri sesuai dengan karakteristik penulis atau penciptanya. Berikut sinopsis buku tersebut.

1. Novel Aroma Karsa (Dewi Lestari)

       Dari sebuah lontar kuno, Raras Prayagung mengetahui bahwa Puspa Karsa yang dikenalnya sebagai dongeng, ternyata tanaman sungguhan yang tersembunyi di tempat rahasia.
Obsesi Raras memburu Puspa Karsa, bunga sakti yang konon mampu mengendalikan kehendak dan cuma bisa diidentifikasi melalui aroma, mempertemukannya dengan Jati Wesi.
        Jati memiliki penciuman luar biasa. Di TPA Bantar Gebang, tempatnya tumbuh besar, ia dijuluki si Hidung Tikus. Dari berbagai pekerjaan yang dilakoninya untuk bertahan hidup, satu yang paling Jati banggakan, yakni meracik parfum.
         Kemampuan Jati memikat Raras. Bukan hanya mempekerjakan Jati di perusahaannya, Raras ikut mengundang Jati masuk ke dalam kehidupan pribadinya. Bertemulah Jati dengan Tanaya Suma, anak tunggal Raras, yang memiliki kemampuan serupa dengannya.
Semakin jauh Jati terlibat dengan keluarga Prayagung dan Puspa Karsa, semakin banyak misteri yang ia temukan, tentang dirinya dan masa lalu yang tak pernah ia tahu.

      Buku ini merupakan karya Dee, yang sangat penulis rekomendasikan. Kekayaan riset dan keunikan pemilihan  tema tak biasa sangat memperkaya hasil tulisannya, sehingga pembaca seolah-olah ikut merasakan secara langsung mengeni hal-hal yang ada di buku ini.

2. Novel Terjemahan The Alchemist (Paulo Coelho)

     Salah satu buku yang berhasil menduduki best seller dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1988. Novel yang ditulis oleh Paulo Coelho ini, diklaim dapat mengubah hidup bagi para pembacanya. Hal tersebut barangkali yang menjadikan daya tarik novel ini. Di dalamnya memuat beberapa pertanyaan dalam hidup yang membuat hati dan pikiran ini tergerakkan.

      Tidak hanya membeberkan terkait petualangan layaknya berbagai novel bergenre sejenis. Kelihaian Paulo Coelho dalam menaruh alur cerita dan memaparkan berbagai kisah menjadi sebuah cerita pun sangatlah menarik.

      Bisa dikatakan, buku setebal 224 ini merupakan salah satu dari karya tulis yang cukup besar. Mulai dari awal narasi kisahnya, kalian akan sangat terpincut dengan alur ceritanya. Tidak hanya itu, jalinan pembelajaran yang didapatkan melalui buku ini akan sangat mengena, terlebih dibaca dengan mendalam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun