Mohon tunggu...
Didno
Didno Mohon Tunggu... Guru Blogger Youtuber

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Letak dan Luas Indonesia

30 Juli 2018   21:25 Diperbarui: 30 Juli 2018   21:28 0 0 0 Mohon Tunggu...
Letak dan Luas Indonesia
Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (Dok. Badan Informasi Geospasial)

Ada yang masih ingat dengan letak geografis, dan letak astronomis Indonesia?. Kalau lupa mari kita mengingat kembali. Letak geografis Indonesia terletak diantara dua benua yakni benua Asia dan Benua Australia, dan diantara dua samudera Pasifik dan Samudera Hindia atau Indonesia.

Sementara letak astronomis Indonesia terletak pada 95BT - 141BT dan 6LU -- 11 LS. Dimana singkatan dari BT adalah Bintang Timur sedangkan singkatan dari LU adalah Lintang Utara dan singkatan dari LS adalah Lintang Selatan.

Letak geografis tersebut memberi pengaruh positif dan negatif bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi,  maupun budaya. Sisi positifnya Indonesia menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia.

Selain itu Indonesia juga menjadi jalan bagi masuknya berbagai agama yang berasal dari berbagai negara seperti Islam, Hindu, Budha, Kristen, dan lain-lain.  

Indonesia juga memiliki sumber daya alam berupa komoditas atau hasil bumi seperti kayu cendana, lada, pala, cengkih, dan hasil perkebunan lainnya ke negara-negara Eropa, China dan negara lainnya.

Dampak negatifnya, budaya  dari negara lain yang tidak  selalu sesuai dengan budaya Indonesia kemudian masuk dan mempengaruhi kehidupan budaya bangsa  Indonesia, seperti pergaulan bebas,  kesantunan,  dan  lain-lain.

Selain itu, Indonesia juga rentan terhadap masuknya  barang-barang  terlarang  yang diselundupkan   seperti  senjata api, minuman keras dan narkoba.

Keuntungan posisi Indonesia juga dapat dilihat  secara  geologis. Indonesia berada di jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia. Posisi tersebut membuat Indonesia  memiliki  banyak  gunung api.

Keuntungan banyaknya gunung api adalah beragamnya potensi sumber energi dan mineral yang dimiliki oleh Indonesia. Sedangkan kerugiannya saat gunung tersebut meletus. Tetapi setelah itu abu vulkaniknya bisa menyuburkan tanaman.

Selain letaknya yang startegis Indonesia juga memiliki luas wilayah yang tergolong sangat luas. Badan Informasi Geospasial (BIG) menyebutkan   wilayah Indonesia  terdiri  atas  daratan  seluas  1.922.570  km  dan perairan  seluas 3.257.483 km. Jika dibandingkan dengan wilayah lainnya, maka luas wilayah Indonesia (daratan dan lautan) hampir sama dengan Eropa atau Amerika Serikat atau Australia.

Indonesia memiliki daratan dengan jumlah 13.466 pulau yang menjadikannya sebagai salah satu negara  kepulauan terbesar di dunia. Banyaknya pulau membuat garis pantainya juga sangat besar yakni mencapai 99.030 kilometer. Data jumlah pulau ini ada beberapa referensi yang berbeda karena ada beberapa pulau yang belum memiliki nama dan pulau yang terkadang muncul ada pula yang tenggelam karena pasang surut air laut.

Mudah-mudahan pengetahuan ini bermanfaat bagi Anda semua terutama para pelajar tingkat SMP atau MTs kelas 7.