Mohon tunggu...
Didi Suprijadi ( Ayah Didi)
Didi Suprijadi ( Ayah Didi) Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, pembimbing dan pengajar

Penggiat sosial kemasyarakatan,, pendidik selama 40 tahun . Hoby tentang lingkungan hidup sekaligus penggiat program kampung iklim. Pengurus serikat pekerja guru.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dunia Supir Dunia Wanita

28 April 2024   19:55 Diperbarui: 28 April 2024   20:11 446
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jadi istri supir belum tentu kaya sumber gambar dokumen pribadi 

Dunia Supir, Dunia Wanita.

Sore ini Ahad 28 April 2024, ayah didi berangkat menuju puncak Cisarua dengan maksud mengikuti Rapat Kerja Nasional Partai Buruh. Seperti biasa perjalanan ke puncak menggunakan kendaraan umum, naik Bus dari terminal kampung rambutan menuju Cibereum Puncak Bogor.

Dalam perjalanan menuju Kampung Rambutan seperti biasa lalu lalang kendaraan dari berbagai jenis dan model, kebetulan sore itu jalan dari rumah di Jatinegara kaum menuju Terminal Bus Kampung Rambutan tidak macet alias lancar.

Didalam perjalanan antara Cipinang dan Prumpung masih di daerah jakarta timur, melintas mobil angkutan bak terbuka persis disamping kendaraan yang saya tumpangi.

Kendaraan bak terbuka warna gelap keluaran produk Mitsubishi di kemudikan seorang laki laki gemuk paruh baya. Yang membuat gelitik hati ayah didi tentang mobil bak terbuka itu adalah adanya tulisan dibelakang nya.

"Jadi istri seorang supir belum tentu kaya, insyaallah bahagia" begitu tulisan terlihat yang ada di belakang mobil bak terbuka.
Sambil sedikit menggeser tempat duduk di kendaraan yang saya tumpangi, berusaha mencoba mendekat posisi mobil bak terbuka itu, agar dapat mengambil gambar yang sesuai dan bisa terbaca dengan jelas tulisan nya.

Fenomena gambar dan tulisan di belakang bak mobil terbuka baik truck maupun pick up sudah lama diperbincangkan masyarakat. Tulisan dan gambar itu ada yang dibuat sendiri oleh supir tetapi banyak juga yang dibuat kan oleh kelompok jasa pembuatan gambar dan tulisan.

Gambar dan tulisan secara teori dikenal juga dengan tipografi, yaitu seni menata dan merangkai kata kata dengan tujuan tertentu.

Tulisan tulisan itu bisa dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa daerah, ada yang dibuat dengan cetakan berupa stiker tetapi lebih banyak dibuat langsung  dengan melukis atau menulis dengan cat warna warni.

Membaca tulisan dibelakang mobil bak terbuka sore itu ada rasa geli, lucu tetapi sangat menginspirasi. Dalam hati ayah didi menduga  tulisan itu menggambarkan keadaan jiwa si supir itu sendiri, dengan kata kata sedikit motivasi untuk memberi pesan kepada sang istri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun