Mohon tunggu...
Dian Kelana
Dian Kelana Mohon Tunggu... Pengelana kehilangan arah

www.diankelana.web.id | www.diankelanaphotography.com | www.diankelana.id

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Gagap Start, Duo Ferrari Gagal Menangkan Pertarungan

14 Oktober 2019   05:31 Diperbarui: 14 Oktober 2019   05:35 0 1 1 Mohon Tunggu...

Ragu-ragu dalam start, duo Ferrari yang berada di garis depan gagal memenangkan balapan jet darat Formula 1 di Jepang siang tadi. Pada saat start dimulai terlihat kedua Ferrari yang dikendarai Sebastian Vettel dan Leclerc terlambat bergerak, sementara mobil yang berada dibelakang mereka sudah merangsek ke depan.


Gagap start Ferrari ini terlihat saat video menampilkan gambar tayang ulang. Dimana terlihat jelas Vettel sudah menekan gas hendak melaju. Tapi mungkin karena ragu dan takut kena pinalti jumpstart, dia mengerem lagi. Sehingga waktu yang hanya sepersekian detik tersebut di manfaatkan oleh duo Mercedez untuk mendahului mereka, walau yang sepenuhnya berhasil hanya Bottas.


Kegagalan start ini dimanfaatkan oleh duo Mercedez, Botas di grid 3 di belakang Vettel dan Hamilton di belakang Leclerc di grid 4. Dengan cepat Botas memotong Vettel dari kiri, sementara Hamilton berusaha menyodok Leclerc dari kanan. Sayangnya usaha Hamilton mendahului Leclerc gagal karena jalurnya langsung ditutup Leclerc saat memasuki tikungan pertama.


Saat memasuki tikungan pertama yang mengarah ke kanan, posisi Vettel dan Leclerc beriringan depan belakang, sementara Botas sudah memimpin di depan. Kosongnya jalur kiri dimanfaatkan dengan cepat oleh Verstapen, sehingga dia sempat sejajar dengan Leclerc di posisi 3. 

Mendekati tikungan kedua yang juga kekanan, Leclerc bergeser agak ke kiri agar dia bisa menikung ke kanan dari sisi luar. Saat Leclerc bergeser ke kiri inilah Verstafen masuk dan menyenggol bumper sebelah kiri Leclerc dan ban mereka bersenggolan.


Bersenggolannya kedua mobil ini membuat mobil Verstapen menggelinding ke lapangan rumput, sementara Leclerc tetap bisa melanjutkan balapan dengan ujung bumper kiri depan patah. 

Sebenarnya Leclerc masih bisa berjalan stabil, namun untuk menghindarkan kerusakan yang lebih parah Leclerc langsung masuk pit di putaran berikutnya.
Penggantian bagian depan mobil Leclerc yang memakan waktu beberapa detik, membuat dia ketinggalan jauh. Sehingga saat dia kembali ke jalur balapan di ketinggalan jauh dan berada di posisi 18. 

Sementara itu, setelah mencoba untuk meneruskan balapan, Verstapen dengan kondisi mobil yang tidak lagi optimal akhirnya  menyudahi pertarungan di lap ke 15, meninggalkan arena lalu masuk garasi.


Saat posisi depan duo Mercedez dan sati Ferrari bergantian memimpin, Leclerc berusaha merangsek ke depan. Satu persatu musuh dilewatinya, hingga mentok di posisi 7 saat pengantian ban, hingga dia kembala tercecer di belakang.


Setelah penggantian ban kedua, posisi depan tetap tak berubah. Botas yang sudah jauh di depan, diiringi oleh Sebastian Vettel di posisi kedua dan Lewis Hamilton di posisi ketiga.


Sedikit ketegangan saat balapan memasuki putaran ke-51, ketika Hamilton erusaha sekuat tenaga untuk menguber Vettel, hingga jarak mereka begitu dekat. Namun keberuntungan masih berada pada Vettel dengan tetap bisa mempertahankan posisinya hingga pertarunagn usai di putaran ke 53. Pertarungan tersebut akhirnya selesai dengan Bottas di posisi pertama, Vettel kedua dan Hamilton ketiga.