Mohon tunggu...
Dian Purnama
Dian Purnama Mohon Tunggu... Freelancer - walk and write www.klaverstory.com

"jobs fill your pocket, adventures fill your soul"

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Geliat Pariwisata Usai Pandemi, Peran Penting Internet

12 Juli 2022   11:13 Diperbarui: 12 Juli 2022   11:23 74 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kawasan Titik Nol Km Jogja, paling ramai saat musim liburan tiba (foto Dokpri)

Enggak pernah terbayangkan sih, kemajuan teknologi membawa dampak luar biasa bagi semua aspek kehidupan manusia, salah satunya itu di dunia pariwisata. Kini apa-apa serba online menjadi lebih mudah dan lebih cepat berkat kehadiran internet. Ehm manfaat internet bener-bener sepenting itu lho.

Internet Untuk Promosi Pariwisata

Sudah bisa dititeni jika jalanan Jogja mulai macet dan kantong parkir penuh bus pariwisata artinya musim liburan sudah dimulai. Pada musim ini hotel-hotel penuh, toko oleh-oleh laris manis dan Malioboro padat dengan rombongan pelajar dari luar daerah.  

Sementara itu di kampung saya, homestay-homestay kembali penuh oleh traveller tipe kelompok atau keluarga. Senangnya sekali rasanya melihat pariwisata mulai bergeliat lagi. Bisnis homestay yang sempat terhenti karena pandemi memang sempat menyusahkan sektor pariwisata. 

Kebangkitan di bidang tourism ini tentu saja tidak lepas dari peran teknologi. Manfaat internet mulai bisa dirasakan, khususnya bidang digital marketing yang sangat membantu dalam mempromosikan pariwisata. Homestay-homestay kecil khususnya mulai buka lagi dan beriklan di media sosial mereka. 

Yes! Peran media sosial dalam mempromosikan pariwisata memegang peranan penting karena jangkauan audiens yang lebih luas dan lebih global. Jelas sangat menguntungkan konsep marketing seperti ini, para pelaku pariwisata bisa memilih platform media sosial yang paling sesuai dengan target market, misalnya Instagram, YouTube, Tiktok atau blog. 

Indihome Telkom Indonesia (foto: indihome.co.id)
Indihome Telkom Indonesia (foto: indihome.co.id)

Tentu saja semua semua kegiatan promosi media sosial tersebut harus didukung oleh kualitas internet yang bagus untung posting konten atau upload video/gambar. Untungnya ada Indihome yang punya jaringan fiber optik jadi koneksi jaringannya mumpuni dan lancar di mana pun. Internet menjadi sepenting itu di dunia pariwisata.

Internet Untuk Liburan Tanpa Batas 

Bak gayung bersambut, bagi para traveller yang membutuhkan informasi terkait tempat liburan atau akomodasi akan mencari konten/informasi terkait hal tersebut di media sosial. Tidak hanya itu, bahkan urusan booking hotel/tiket pun dilakukan secara online. Dengan berbagai aplikasi yang bisa diakses melalui handphone urusan booking hotel dan tiket bisa dilakukan sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan