Mohon tunggu...
Diah Poerwitasa
Diah Poerwitasa Mohon Tunggu... Jurnalis

Diah Poerwitasari adalah Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Terbuka. Saya pernah menjadi Finalis Journalist Days Metro TV - Universitas Indonesia tahun 2011 dengan judul artikel : Kemacetan yang terjadi di Ibukota Jakarta.Selain itu, Penulis artikel Apple.Inc di Wikipedia.Saya pernah bekerja freelance content writer di KOMPAS GRAMEDIA selama 7 bulan.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Manfaat Transaksi dengan Uang Elektronik (Baik Kartu Maupun Scan QR-code)

12 Agustus 2020   17:10 Diperbarui: 12 Agustus 2020   17:11 137 0 0 Mohon Tunggu...

Uang elektronik atau uang digital adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Uang elektronik adalah alat pembayaran dalam bentuk kartu dimana nilai uangnya disimpan secara elektronik. Pengguna harus menyetorkan sejumlah uang terlebih dahulu sebelum menggunakannya. E-Money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran seperti membayar tiket transportasi umum, tarif jalan tol dan berbelanja di toko yang bekerja sama dengan penerbit e-money, seperti dilansir dari cermati.com.

 E-Money hadir di Indonesia sejak tahun 2009 yang diterbitkan atas perizinan dari Bank Indonesia. E-Money merupakan salah satu bentuk uang digital, di mana e-money berfungsi untuk memindahkan data saldo uang yang terkandung pada e-money kita ke komputer atau sistem informasi penjualan, sehingga barang yang kita inginkan terbeli tanpa mengeluarkan tambahan uang cash Transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital). Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sebuah contoh uang elektronik. Kebanyakan uang di dunia sekarang ini adalah elektronik, dan uang tunai mulai semakin berkurang penggunaannya. Dengan perkenalan internet, bank online, kartu debit, dan pembayaran online, dan bisnis internet, uang kertas menjadi sebuah barang masa lalu dan sudah mulai berkurang pemakaiannya.

E-Money (electronic money) atau uang elektronik adalah alat pembayaran yang tersimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip. Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (stored-value) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Server Based merupakan Uang Elektronik dengan media penyimpanan berupa server, sedangkan Chip Based merupakan Uang Elektronik dengan media penyimpanan berupa chip . Nilai uang elektronik akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. Bank-bank sekarang menawarkan jasa di mana customer dapat mentransfer dana atau  saham dengan menggunakan Kartu debit dan pembayaran online, membuat transfer dana secara langsung dari seorang individu ke akun bisnis dan  tanpa uang kertas Ini memberikan praktis dalam transaksi ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di Indonesia

Bank Indonesia telah merilis daftar penyelenggara uang elektronik yang telah memperoleh izin per 21 November 2018, Penyelenggaraan uang elektronik diatur dalam:

  1. Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tanggal 13 April 2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money).
  2. Surat Edaran Bank Indonesia No.11/11/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Uang Elektronik (Electronic Money).

Bentuk-bentuk uang elektronik

Bank: Flazz, Sakuku, e-Money, Brizzi, e-Cash.

Provider Telekomunikasi: T-Cash, XL Tunai, Dompetku.

Lainnya: Gopay, Doku Wallet, True Money, Uangku, Paytren

Tempat-Tempat Terbaik untuk Memakai E-Money

Di Indonesia e-money hanya dapat digunakan ketika ada mesin yang dapat membacanya. Kita kerap menjumpai mesin EDC yang mirip dengan mesin penggesek kartu debit atau kredit. Agar dapat mengetahui jenis e-money mana yang dapat diterima, penting bagi kita untuk memeriksa label yang terdapat pada mesin EDC tersebut. Misalnya, mesin EDC untuk T-Cash dari Telkomsel akan memiliki tanda bulat merah dengan huruf “t” kecil untuk membaca nomor seri dan saldo yang terkandung pada T-Cash.

Sebelum bertransaksi menggunakan e-money, ada baiknya kita mendapat rekomendasi mengenai tempat-tempat yang koneksi pusatnya bagus. Koneksi pusat bagus ini dibuktikan dengan jarangnya keluhan error yang dialami oleh sesama pengguna e-money. Dalam beberapa situasi, kita juga dapat mencoba bertransaksi dengan metode pembayaran lainnya sekaligus mencoba wi-fi tempat setempat untuk mengestimasi kecepatan dan kekuatan koneksinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN