Mohon tunggu...
Diah AyuSulistiowati
Diah AyuSulistiowati Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas'Aisyiyah Yogyakarta

Mahasiswi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tahukah Kalian, Cara Mengetahui Uji Lemak? Yuk, Disimak

19 Juni 2021   06:35 Diperbarui: 19 Juni 2021   06:49 30 1 0 Mohon Tunggu...

Taukah kalian, cara mengetahui uji lemak? Yuk disimak

Lemak adalah senyawa organik yang terdapat dalam tumbuhan, hewan, atau manusia dan memegang peranan penting dalam struktur dan fungsi sel. Lemak merupakan bagian terbesar dan terpenting dari kelompok lipid, yaitu sebagai komponen makanan utama bagi organisme hidup. Lemak mempunyai sifat tidak larut air, tetapi larut dalam pelarut organik nonpolar seperti eter, kloroform, aseton, dan benzena. Didalam tubuh kita, lemak mempunyai beberapa fungsi penting yaitu sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah, pelindung alat-alat tubuh vital (jantung dan lambung), pelarut vitamin A, D, E, dan K, lemak juga memiliki fungsi sebagai penahan rasa lapar, karena adanya lemak akan memperlambat pencernaan. Manusia mempunyai tubuh yang membutuhkan kadar lemak yang seimbang. Hal ini untuk membuat cadangan energi tetap ada. Akan tetapi, jika lemak yang terdapat di dalam tubuh melebihi batas normal maka akan mengalami obesitas yang pada akhirnya akan menimbulkan berbagai macam penyakit. 

Susu edamame merupakan produk pangan yang mudah diproduksi, mengandung lemak sehat, karbohidrat, protein. Edamame mengandung isoflavon dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan risiko kolesterol jahat (LDL), hipertensi, dan menurunkan risiko kanker. Edamame termasuk jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein tinggi, asam amino esensial, zat besi, vitamin C, vitamin A, dan serat. Bagi penderita intoleransi laktosa dan penderita alergi protein susu sapi, umumnya susu edamame dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi (Widodo, 2002). Biji edamame yang diolah menjadi susu kemudian diuji kadar lemak menggunakan metode Gerber.

Lalu bagaimana cara melakukan uji lemak pada sampel susu edamame dengan menggunakan metode gerber?

Untuk cara kerja sendiri yaitu sebagai berikut, disiapkan alat dan bahan. Masing-masing butyrometer diisi 10 mL asam sulfat, selanjutnya tambahkan sampel sebanyak 11 mL, pastikan kedua cairan tetap terpisah, kemudian tambahkan 1 mL amyl alcohol ke dalam butyrometer dan disumbat dengan penyumbat karet. Bungkus dengan kain lap dan dihomogenkan, kemudian akan terjadi perubahan warna menjadi keunguan. Butyrometer dimasukkan ke dalam water bath selama 5 menit pada suhu 65C, lalu disentrifus selama 3 menit pada kecepatan 1200 rpm. Penyumbat diatur hingga lemak berada dibagian yang berskala. Butyrometer dimasukkan ke dalam water bath lagi selama 5 menit pada suhu 65C. Selanjutnya dibaca skalanya, bila kadar lemak lebih rendah dari 2,5% maka susu dikatakan abnormal.

Lemak adalah senyawa organik yang terdapat dalam tumbuhan, hewan, atau manusia dan memegang peranan penting dalam struktur dan fungsi sel. Susu merupakan emulsi lemak di dalam larutan air dari gula dan garam-garam mineral dengan protein dalam keadaan koloid. Susu edamame merupakan produk pangan yang mudah diproduksi, memiliki nilai gizi yang tinggi, dan anti alergi bagi konsumen. Edamame mengandung isoflavon dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan risiko kolesterol jahat (LDL), hipertensi, dan menurunkan risiko kanker.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x