Mohon tunggu...
Diabetalife
Diabetalife Mohon Tunggu... Freelancer - Catatan harian hidup dengan Diabetes Tipe 2

Diabetalife adalah sebuah blog yang berisi catatan-catatan saya seputar penyakit Diabetes Tipe 2. Blog ini dibuat sebagai wadah untuk menuliskan cerita, rangkuman belajar, dan pengalaman saya dengan Diabetes Tipe 2.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Apa Benar Ada Diabetes Basah dan Kering? Berikut Penjelasannya

27 Mei 2020   17:50 Diperbarui: 27 Mei 2020   17:53 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Belum lama ini saya bergabung dengan sejumlah group di Facebook yang membahas topik seputar Diabetes. Dari interaksi saya di sana, ada pembicaraan yang mengatakan bahwa Diabetes itu ada jenis basah dan jenis kering.

Terus terang saya baru mendengarnya karena tidak pernah sebelumnya saya menemukan literatur yang mengatakan demikian. Setelah mencari tahu lebih jauh, ternyata yang dimaksud adalah sifat luka pada orang dengan Diabetes. Kalau orang tersebut punya luka dan cepat sembuh, maka dinamakan Diabetes kering. Sedangkan kalau lukanya sulit sembuh disebut Diabetes basah.

Pandangan tentang Diabetes seperti ini cukup menarik buat saya karena Diabetes dianggap punya karakteristik yang berbeda berdasarkan pada luka yang dialami. Bahkan cukup banyak produk yang dipasarkan untuk mengobati Diabetes berdasarkan jenis luka basah atau kering ini.

Meski sudah beberapa kali saya dengar bahwa luka adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh orang dengan Diabetes, tapi saya belum mengetahui banyak tentang hal ini. Oleh karenanya, saya merasa perlu untuk mengedukasi diri saya sendiri agar bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Selama penelusuran saya di Internet, saya bersikap hati-hati agar tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan.  Siapa tahu memang ada jenis Diabetes basah dan kering yang membutuhkan penanganan berbeda. Karena kalau betul ada, saya tertarik untuk tahu saya masuk kategori yang mana.
Nah, setelah mengunjungi sejumlah situs medis terpercaya dan mencari-cari info seputar luka dan Diabetes, saya bisa menyimpulkan temuan saya sebagai berikut:

  1. Diabetes secara umum terbagi menjadi dua tipe: Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2. Kedua tipe ini adalah istilah medis yang disepakati di seluruh dunia dan digunakan oleh tenaga kesehatan profesional untuk menetapkan kondisi Diabetes seseorang. Saya tidak menemukan referensi akademis ataupun medis yang mengatakan bahwa ada Diabetes basah dan kering.
  2. Pandangan yang mengatakan bahwa ada Diabetes basah dan kering kemungkinan diambil berdasarkan observasi terhadap gangrene yang memang dikategorikan dengan gangrene basah atau gangrene kering.

Gangrene

Gangrene adalah sebuah kondisi medis di mana tidak mencukupinya aliran darah ke jaringan tubuh sehingga jaringan tersebut perlahan-lahan mati. Umumnya gangrene terjadi pada jaringan tubuh bagian ujung seperti kaki dan jemari tangan.  

Berdasarkan informasi dari Diabetes.co.uk, gejala gangrene yang umum ditemui adalah:

  • Kemerahan di bagian yang terkena dan kemudian dapat berubah warna menjadi coklat atau hitam.
  • Rasa sakit di bagian yang terkena dan kemudian menjadi mati rasa.

Baik tipe basah ataupun kering, gangrene adalah kondisi serius dan memerlukan penanganan yang tepat.

Gangrene kering dan Diabetes

Gangrene kering biasanya disebabkan oleh kondisi medis yang sebelumnya pernah ada dan ini bisa menimpa orang dengan Diabetes tipe 1 ataupun tipe 2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun