Mohon tunggu...
Dhiya UlHaqqi
Dhiya UlHaqqi Mohon Tunggu... Ilmuwan - Tukang Ngobrol

Psikologi Industri Organisasi, Psikologi Sosial Budaya

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

7 Cara Sederhana Membuat Gaya Hidup Aktif Menjadi Bagian dari Rutinitas Anda

15 Agustus 2023   23:31 Diperbarui: 15 Agustus 2023   23:42 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
reshot-illustration-health-checklist-K6X43MYQ9S

Hidup aktif adalah kunci untuk kesehatan dan kesejahteraan yang optimal, terutama di tengah fenomena modern saat ini. Dalam dunia yang semakin sibuk dan digital ini, gaya hidup aktif menjadi semakin penting bagi tubuh dan pikiran kita. Aktivitas fisik tidak hanya membantu menjaga berat badan tetap seimbang, tetapi juga memperkuat jantung, meningkatkan energi, dan bahkan dapat membantu mengatasi stres.

Dalam era sekarang, di mana teknologi canggih membuat kita semakin terikat pada layar gadget dan pekerjaan, gaya hidup aktif menjadi suatu kebutuhan mendesak. Banyak dari kita menghabiskan berjam-jam di depan komputer atau terpaku pada layar smartphone, mengabaikan manfaat aktivitas fisik. Namun, lebih dari sebelumnya, kita perlu memprioritaskan keseimbangan ini untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Dalam artikel ini, saya akan menggali lebih dalam tentang pentingnya gaya hidup aktif dalam menjaga kesehatan, terutama di tengah fenomena modern saat ini. Tentunya memiliki tujuan utama artikel ini adalah memberikan panduan yang praktis dan mudah diikuti tentang bagaimana mengintegrasikan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian yang sibuk. Dengan langkah-langkah yang sederhana namun efektif, Anda dapat memulai perjalanan menuju gaya hidup yang lebih aktif dan sehat.

Tidak perlu merasa tertekan atau overachiever. Saya akan membahas cara-cara praktis untuk mengatasi tantangan sehari-hari dan menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian alami dari rutinitas harian Anda. Bersama-sama, mari kita jelajahi langkah-langkah menuju gaya hidup aktif yang lebih bugar dan bahagia.

Menetapkan Niat untuk Berubah "Mengapa saya ingin memulai gaya hidup aktif"


Jujur, dulu saya adalah 'pahlawan' tidur siang dan marathon menonton acara TV. Tapi, coba tebak, saya ingin memulai gaya hidup aktif. Kenapa? Sebenarnya, alasan saya tidak serumit teka-teki.

Duduk sepanjang hari membuat tubuh saya merasa seperti sofa yang saya tumpangi. Saya lelah jadi 'pemalas professional'. Saya rindu nafas segar, bukan hanya aroma kentang goreng.

Ingat bagaimana dulu setiap kali melihat tangga, pikiran otomatis mencari lift? Saya ingin berubah dari pemalas tangga menjadi penguasa tangga. Saya ingin menantang diri saya sendiri, bukan hanya remote TV.

Tentu saja, keluar dari zona nyaman itu gak akan mudah. Tapi, saya ingin mengatakan pada diri saya sendiri, "Hai, ini saatnya kamu mendapatkan kembali kebugaran yang hilang." Jadi, mulai dari sekarang, saya akan melangkah keluar dari zona "bersantai" dan meraih zona "beraksi".

Jadi, kenapa si pemalas ingin jadi pejuang kebugaran? Karena saya tidak ingin lagi merasa seperti zombie sedang berjalan. Saya ingin merasakan hidup sepenuhnya, bukan hanya dari sofa. Jadi, mari mulai bergerak, bukan hanya menggelengkan kepala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun