Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cerita Sore Hari dan Nasi Goreng Kambing

12 Desember 2019   18:04 Diperbarui: 12 Desember 2019   17:59 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seporsi nasi goreng kambing dan jeruk manis (dokpri)


Taman Solo selalu menyimpan kenangan tersendiri selama tinggal di Jakarta. Jalanan yang aslinya bernama Jalan Cempaka Putih Raya itu seperti miniatur pusat makanan mancanegara karena di sana berjajar beragam penjual makanan baik yang menyajikan kuliner tradisional maupun kuliner mancanegara. Saat pulang kantor jalanan ini padat oleh mereka yang ingin memanjakan lidah. Kali ini aku menjadi salah satu dari mereka, sambil menebak ke mana akhirnya aku duduk dan bersantap.

Rapat penutupan proyek itupun berakhir dan membuat kami bernafas lega. Setelah berhari-hari menyelesaikan analisa dan laporan serta sering absen menulis di Kompasiana, badan terasa lemas dan entah kenapa aku ingin sekali menyantap mie ayam.

Berjalan kaki sendirian dari gedung di bilangan Cempaka Putih menuju kawasan Taman Solo aku menyelidiki di mana penjual mie ayam gerangan. Hingga satu kiloan tak kujumpa.

Kemudian aku menyerah. Aku tak beruntung. Mie ayam tujuanku sedang tutup dan lainnya tempatnya kurang memadai. Sempit dan terasa kusam oleh kepulan asap rokok.

Aku kembali berjalan. Sekian tahun lalu ketika tinggal di kawasan ini aku selalu takjub dengan semangat pedagang makanan di sini. Suasana kompetisinya seperti penjual aneka makanan di kawasan Kelapa Gading. Berdarah-darah untuk menarik pembeli karena kompetisinya luar biasa. Hampir setiap langkah ada penjual makanan.

Dulu aku suka berjalan di kawasan ini hanya untuk mengetahui makanan baru apa saja yang hadir. Mana yang harus berlalu dan makanan mana yang kemudian menjadi andalan baru.

Bakso Taman Solo dulu menjadi salah satu primadona. Jika petang kami harus mengantri dan kadang-kadang harus menunggu. Aku pernah mencobanya dan makan terasa tidak tenang karena sudah ada rombongan yang menanti giliran. Baksonya memang enak tapi menurutku kurang istimewa.

Pizza dan ayam goreng santap saji masih banyak disukai. Jumlah makanan ini makin bertambah dengan frachise baru. Peminatnya rata-rata kalangan muda dan sebuah keluarga.

Di tempat ini sebuah restauran Padang yang cukup besar masih bertahan. Meski namanya sederhana, harga makanannya tak bisa disebut sederhana. Memang ragam dan rasanya juara. Makanan seperti telur dadar 'saja' rasanya benar-benar nikmat.

Berawal dari Taman Solo, Bebek Kaleyo menjadi terkenal. Aku ingat dulu menyantapnya pada masa tempat makannya hanya berupa halaman parkiran sebuah toko. Jika pagi menjadi sebuah tempat usaha, ketika sore hingga malam berubah menjadi tempat makan yang meriah. Bebek dan ayam disajikan bersama sambel hijau yang sedap. Tinggal pilih goreng atau bakar.

Dulu aku menikmatinya sambil berkeringat. Hawanya panas terimbas dari tempat pembakaran. Perutku juga agak panas karena sambalnya pedas. Semakin malam semakin meriah karena banyaknya pengamen berlalu-lalang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun