Mohon tunggu...
Devita NurAzizah
Devita NurAzizah Mohon Tunggu... Terus Bergerak

Selamat membaca :) Semoga Bermanfaat yaa..

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Belimbing Dewa Khas Depok

17 Mei 2019   03:12 Diperbarui: 17 Mei 2019   05:09 0 1 0 Mohon Tunggu...
Belimbing Dewa Khas Depok
Belimbing Dewa (Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok)/dokpri

Depok-Buah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk tubuh. Buah memiliki banyak Nutrisi yang terkandung di dalamnya. Manfaat yang terdapat pada buah untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisinya menjaga tubuh tetap sehat, juga melindungi tubuh dari kerusakan akibat zat kimia yang masuk dan menyebabkan gangguan. Seperti halnya Buah belimbing.

Buah belimbing atau Averrhoa carambola merupakan buah tropis berwarna kuning keemasan dengan rasa dan bentuk seperti bintang yang khas. Selain rasanya yang manis, ternya buah belimbing merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. 

Buah ini kaya akan antioksidan alami, magnesium, potasium, fosfor, -karoten, serta asam L-askorbat atau vitamin C, dan vitamin A. Kandungan serat buah belimbing yang tinggi dapat membuat pencernaan kita memenjadi lebih mudah.

Belimbing Dewa merupakan buah yang tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Khususnya untuk warga Depok, Jawa Barat. Buah belimbing merupakan ikon kota Depok, hal ini karena di kota Depok banyak terdapat perkebunan buah belimbing. Dan yang paling mencolok adalah belimbing dewa yang ukurannya cukup besar.

Budidaya Belimbing Dewa

Penanaman Belimbing Dewa sendiri memiliki aturan. Yang pertama saat menanam Belimbing kita harus memilih tanah yang sesuai kadar keasaman untuk pohon belimbing. Setelah itu bibit yang dipilh harus berkualitas,  untuk di daerah depok sendiri harus benar-benar sumber bibit dewa. 

Untuk awal penanaman belimbing, hanya membutuhkan waktu satu tahun setengah tahun sudah dapat tumbuh. Hanya saja jika baru berusia satu setengah tahun belum dapat dikomersilkan karena  perakaran bawahnya belum cukup kuat sehingga harus menunggu hingga dua tahun.

Belimbing yang sudah sepuluh hari atau sebesar ibu jari akan di bungkus dengan plastik khusus sampai sekitar usia empat bulan dan setelah empat bulan belimbing siap panen. Untuk panen sendiri tergantung umurbdari pohon. Kalau dibawah 5 tahun sekitar 5-10 kg banyak buah yang dipanen. Jika sudah diatas 5 tahun keatas dapat dipanen hingga sampai 50 kg. Belimbing yang siap panen akan berwarna kuning dan memiliki ukuran yang besar.

Keunikan Belimbing Dewa

Belimbing Dewa berbeda dengan belimbing pada umumnya. Belimbing Dewa memiliki berat sebesar 150 gram sampai 350 gram. Selain itu rasanya juga lebih manis dan juga tidak mudah bonyok. Belimbing Dewa memiliki serat yang lebih sedikit dari Belimbing pada umumnya. Warna pada buahnya pun berbeda karena memiliki warna yang mencolok, yaitu kuning-jingga keemasan, kemudian rasanya manis dengan ukuran yang lebih besar, serta tidak mudah busuk.

Selain memiliki keunikan, Belimbing Dewa juga dapat dibuat aneka ragam olahan makanan dan minuman yang berbahan dasar belimbing yang dapat diolah, seperti dodol, selai, sirup, jus, dan keripik. Selain itu makanan dan minuman ini menjadi oleh-oleh khas Depok sehingga hasil olahan tersebut dapat dikenal oleh kalangan masyarakat luas.