Mohon tunggu...
Desy Pangapuli
Desy Pangapuli Mohon Tunggu... Penulis - Be grateful and cheerful

Penulis lepas yang suka berpetualang

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Terungkap! Hacker Bjorka Diduga Orang Cirebon?

14 September 2022   20:32 Diperbarui: 14 September 2022   21:57 470 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dubrak!  Bjorka orang Cirebon?  Lha.... katanya dari Warsawa Polandia?  Yup, diketahui sosok hacker Bjorka sukses mengecohkan jagad dunia maya.  Terlebih ketika dirinya mengklaim membongkar habis dokumen rahasia negara.  Kebayang, habislah Johnny Plate Menteri Komunikasi dan Informatika dibully.

Sebab selama ini publik hanya paham segala urusan kebocoran adalah tanggungjawab Kemenkominfo.  Padahal tidaklah sesederhana itu, meski tidak dipungkiri kejadian ini jadi pelajaran berharga pastinya!

Panik...nggak...panik...nggak?  Pastinya paniklah khususnya masyarakat.  Ngerilah jika data diri "nyawa" kita beredar bebas.   Apalagi, faktanya masalah keamanan siber dan perlindungan data pribadi masih jadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan di negeri ini.

Kondisi inilah yang membuat Presiden Jokowi pada Senin, 12 September lalu membentuk tim khusus guna mengatasi serangan siber.  Termasuk ulah yang dilakukan oleh peretas (hacker) Bjorka.  Tim ini terdiri dari Kominfo, BSSN, BIN dan Polri, demikian disampaikan Johnny Plate.

Kemudian, tepatnya hari ini, Rabu 14 September 2022 pada konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta Pusat, ditegaskan oleh Mahfud MD, bahwa hingga saat ini belum ada rahasia negara yang bocor. Serta memastikan pemerintah akan serius menangani hal tersebut dan meminta publik untuk tetap tenang.

Mahfud MD juga menjelaskan gambaran pelakunya sudah terindentifikasi dengan baik oleh Polri.  Tetapi, belum bisa diumumkan.  Namun, begitulah ruang digital yang tidak dibatasi ruang dan waktu ini, rentan sekali dan segalanya mungkin terjadi. 

Termasuk, hacker di hack oleh hacker, dan konon berhasil mengungkapkan Bjorka yang katanya dari Cirebon!  Informasi "isu" mengenai Bjorka, pria berinial MSF diungkap oleh akun Instagram @volt_anonym.  Akun ini mengklaim sebagai hacker Indonesia.

"Data yang katanya 133M dari meretas Kominfo tidak lebih isinya cuma 200 data saja dan itu pun di copy sehingga banyak data yang sama seolah-olah data yang dia curi sebanyak 133M padahal cuma 200 an," tulis akun @volt_anonym seperti dikutip dari detikInet, Rabu (14/9/2022).  Dikutip dari: detik.com

Selain menjelaskan Bjorka memiliki tim dan pansos.  Akun ini membeberkan bahwa berdasarkan data yang didapatnya, si pembocor hanya menyalin lalu meng-input lagi seterusnya, sampai jumlahnya menjadi banyak.

"Di situ kelen bisa melihat data yang sama, jadi mereka cuma copy lalu input lagi dan seterusnya sampai jumlahnya banyak sehingga seolah-olah data yang mereka curi itu sebanyak 133M. Padahal ya cuma 200 an doang dan itu pun data dump," tulis sang hacker.  Dikutip dari: detik.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan