Mohon tunggu...
Deswara Avanda Ramadhan
Deswara Avanda Ramadhan Mohon Tunggu... Atlet - mahasiswa-program studi Sastra Indonesia

Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Indahnya Lahir di Negeri Merah Putih

30 November 2022   20:06 Diperbarui: 30 November 2022   20:12 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keindahan yang terbentang di setiap Negara memiliki keindahan alam dan sejarah yang berbeda-beda. Indonesia adalah negara yang memiliki keindahan alam yang sangat indah serta mempunyai sejarah yang menarik dan unik. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang secara geografis terletak pada posisi strategis, yakni di persilangan antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia), dan dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik).

Karena tempatnya strategis dan memiliki perairan yang cukup luas kurang lebih 17.000 pulau, Indonesia berbatas langsung dengan 10 negara Tetangga yakni India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Nugini, Timor-Leste, dan Australia.

Keindahan alam Indonesia merupakan daya tarik yang mampu memikat wisatawan domestik dan mancanegara. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki panorama pantai, laut, gunung, air terjun, hutan, dan wisata alam lain yang memukau. Begitu juga dengan kekayaan alamnya yang melimpah seperti minyak bumi, rempah-rempah, gas alam, hutan yang cukup luas, penghasil tembakau yang banyak hingga kekayaan yang lainnya yang di miliki negara tercinta Indonesia.

Selain keindahan alam dan kekayaan alam yang di miliki Indonesia, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan keragaman suku bangsa dan budaya. Budaya masyarakat merupakan tata cara kehidupan masyarakat sehari-hari. Budaya masyarakat dapat berupa cara berpakaian, cara bercocok tanam, atau cara bergaul dalam kehidupan sehari-hari. Masing-masing budaya merupakan kebiasaan luhur yang di junjung tinggi dan dihormati oleh para pengikutnya. bentuk keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia seperti pakaian adat, rumah adat, hingga tarian tradisionalnya.

Tidak lepas juga dari bebagai kulineran yang ada di Indonesia menjadikan daya tarik dari berbagai mancanegara. Rempah-rempah yang melimpah, cintra rasa yang menggugah selera, hingga sampai menyajiannyapun memiliki ciri khas yang menarik dan sangat unik. Tidak lupa juga dari berbagai kerajinan yang ada di inonesia memiliki keanekaragaman budaya, mulai dari tarian, makanan, hingga kerajinan tangan. 

Banyak sekali produk khas Indonesia yang unik dan saat ini sampai mancanegara dan di sukai. Ragam kerajinan yang ada di indonesia seperti batik, wayang, ukiran kayu,  anyaman bambu, gerabah atau tembikar dan masih banyak lagi yang menjadi suatu kebanggaan untuk kita sebagai warga negara Indonesia yang memiliki banyak sekali kakayaan ataupun keindahan alamnya.

Tentunya menjadi suatu kebanggaan dalam diri menjadi salah satu warga negara Indonesia. Cara menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia ialah menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia, selalu menjaga kebersihan fasilitas umum, tidak malu menggunakan produk dalam Negeri, serta berupaya mengembangkan sikap dan karakter sesuai nilai Pancasila. 

Untuk itu, warga negara harus memupuk kekuatan dan keunggulan bangsa Indonesia agar makin bangga terhadap NKRI. Memajukan bangsa Indonesia bagi seorang pelajar di mulai dengan belajar sungguh-sungguh. Terlebih prestasi anak-anak Indonesia dalam dunia pendidikan sangat luar biasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun