Mohon tunggu...
Desta FajarSantoso
Desta FajarSantoso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Selalu Bersyukur

Nama saya Desta Fajar Santoso asal dari purworejo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sharing tentang Media Konvensional dan New Media

1 April 2021   19:39 Diperbarui: 1 April 2021   19:45 68 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sharing tentang Media Konvensional dan New Media
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Assalamualaikum wr. wb.

Hai semuanya, disini aku mau sharing sedikit tentang pengalaman saya dengan membahas media konvensional dan new media. Dan secara kebetulan saya sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan yang sedang belajar mengenai media tersebut. Sebelum masuk inti dari pembahasan ini. Saya mau menjelakan sedikit tentang sejarah media.

Pada masa pemerintahan orde baru, media di Indonesia tidak memperoleh kebebasan pers untuk memberitakan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat. Karena masa era tersebut media masih dipegang oleh pemerintah. Pada saat itu, media harus tunduk dan hanya diperbolehkan menyebarkan hal yang menguntungkan dan baik bagi pemerintah. Pada masa ini, media digunakan untuk menjaga kestabilan penguasa dan pemerintahan. Setelah berakhirnya masa kekuasaan dan pemerintahan Presiden Soeharto, media di Indonesia memperoleh kebebasan. Setelah lama ditekan, diawasi, dibatasi, dan dilecehkan oleh pemerintahan orde baru. Setelah orde baru berakhir, media yang tadinya serupa dan hanya memberitakan hal dari sudut pandang yang sama perlahan mulai berubah menjadi terbuka pada hal-hal baru, dan independen, dan tidak lagi tergantung pada pemerintahan.

Media dalam Bahasa latin "medium"(jamak), yang artinya "perantara" atau "pengantar". Media juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang menjadi perantara. Selain itu, media dapat diartikan sebagai saluran yang mampu mengantarkan pesan dari komunikator kepada komunikan.

Media digunakan sebagai perantara atau wadah untuk menampung berbagai jenis informasi yang tertata dengan rapi sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami. Setiap orang memiliki pengalaman sendiri dalam menggunakan media seperti media konvensional dan new media. Media konvensional merupakan media yang sudah ada sebelum adanya media baru (new media) dan bisa disebut dengan media lama. Berikut adalah jenis media komunikasi.

 Jenis media komunikasi

a.Media cetak

Menurut Ronald H Aderson, media cetak adalah bahan bacaan yang diproduksi secara profesional, seperti surat kabar, majalah, tabloid, dsb.

b.Media Audio

Menurut Sadiman, media audio adalah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk lambang-lambang audif, baik bahasa verbal maupun nonverbal, contohnya adalah radio.

c.Media Visual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN