Mohon tunggu...
Dessy Putri
Dessy Putri Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Apakah Pendidikan PAUD Sudah Menerapkan Pembelajaran Holistik-Integratif?

21 Agustus 2018   07:33 Diperbarui: 21 Agustus 2018   07:55 351
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tidak hanya saat kuliah S1 dan S2 PAUD saja saya sering mendengar penerapan pembelajaran Holistik-Integratif pada PAUD. Tetapi ketika saya mengikuti seminar, wawancara ke pihak Sekolah TK/RA, dan menurut buku yang ditulis beberapa orang (bukan tokoh) yang berkecimpung di dunia PAUD juga mengatakan bahwa PAUD MENERAPKAN PEMBELAJARAN HOLISTIK-INTEGRATIF.

YAKIN SUDAH DITERAPKAN?

SUDAH PAHAM TENTANG MAKNA HOLISTIK INTEGRATIF?

Dis ini saya akan menjelaskan makna dari holistik dan integratif. Mungkin sudah banyak yang paham tentang kedua makna tersebut. Saya akan menjelaskan beserta penerapannya di Sekolah.

Holistik artinya menyeluruh, yaitu penyelenggaraan program pembelajaran di PAUD dilaksanakan dengan menyeluruh mencakup pertumbuhan dan perkembangan anak, baik secara jasmani maupun rohani. Hal tersebut berarti bahwa kita tidak hanya fokus pada kognitif atau kepintaran anak saja tetapi juga fokus pada seluruh apa yang dibutuhkan anak, seperti masalah gizi dan kesehatan. 

Sedangkan Integrasi memiliki dua makna yaitu (1) penggabungan beberapa materi pembelajaran dan (2) penanganan secara terpadu dalam masyarakat, dimulai dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat. 

Jadi dapat disimpulkan yang dimaksud Integratif dalam PAUD adalah seperti kurikulum terpadu yang mengintegrasikan (menghubungkan) beberapa materi pembelajaran menjadi pengetahuan yang utuh sesuai dengan program dari pemerintah pusat dan daerah.

Memang ada program pemerintah terkait PAUD yang banyak diatur dalam peraturan pemerintah dan undang-undang. Namun bagaimana penerapannya? Faktanya, hanya ada beberapa Sekolah yang menerapkan pembelajaran Holistik-Integratif. 

Banyak sekolah yang fokus hanya pada aspek perkembangan saja terlebih lagi hanya fokus pada CALISTUNG tanpa memperhatikan pertumbuhan anak. 

Dilihat tidak adanya program kesehatan dan gizi untuk anak. Kalaupun ada mungkin hanya satu tahun sekali atau dua kali.  Seringnya pembelajaran dilakukan di dalam Kelas. 

Materi pembelajaran pun sudah seperti SD yang terjadwal ada Matematika, Bahasa, Menulis, Berhitung, Menggambar, dan lain-lain. Padahal pembelajaran pada PAUD itu saling berkaitan, tidak terpecah-pecah seperti itu. Kita bisa mengajarkan semua hal tersebut dalam satu tema/ sub tema atau materi pembelajaran. Jadi, apa sudah benar-benar diterapkan pembelajaran Holistik-Integratif pada PAUD?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun