Mohon tunggu...
KKN UM Sumberagung
KKN UM Sumberagung Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

KKN UM 2019 Sumberagung, Kec.Ngantang, Kab.Malang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

KKN UM Adakan Pendampingan Pembentukan Kelompok Petani Kopi Desa Sumberagung, Kec. Ngantang, Kab. Malang

24 Juni 2019   17:52 Diperbarui: 24 Juni 2019   17:57 0 0 0 Mohon Tunggu...
KKN UM Adakan Pendampingan Pembentukan Kelompok Petani Kopi Desa Sumberagung, Kec. Ngantang, Kab. Malang
dokpri

Malang- Mahasiswa KKN UM lakukan diskusi bersama kelompok petani kopi di KPSA Desa Sumberagung, Selasa 28 Mei 2019.

Dengan melimpahnya sumber daya kopi, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Sumberagung Kecamatan Ngantang, mengadakan pembentukan kelompok petani kopi. Kegiatan ini dilakukan guna mengorganisir para petani dalam berusaha tani serta untuk meningkatkan kulitas produksi kopi daerah setempat.

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 20.00 WIB di KPSA, Dusun Sumbermulyo, Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang pada Selasa 28 Mei 2019. Peserta pembentukan kelompok petani kopi ini dihadiri oleh kurang lebih 15 orang petani dari berbagai dusun di Desa Sumberagung. Para petani sangat antusias untuk menghadiri dan mengikuti pembentukan kelompok ini.

"Menurut Giarno selaku petani kopi Desa Sumberagung. Dengan pembentukan kelompok petani kopi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani kopi Desa Sumberagung."

"Kelompok petani merupakan salah satu lembaga di tingkat petani yang dibentuk secara langsung mengorganisir para petani dalam hal berusaha tani. Selain itu fungsi dari kelompok tani ada 3 yaitu: kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi", ujar Mashuril selaku pemateri dalam pembentukan kelompok petani kopi.

Dalam pembentukan kelompok petani kopi di KPSA Desa Sumberagung, secara langsung dibentuk ketua, wakil ketua, sekretari 1, sekretaris 2, bendahara 1, serta bendahara 2.

Mashuril berharap dengan diadakannya pembentukan kelompok petani kopi Desa Sumberagung ini dapat meningkatkan hasil kopi yang lebih unggul hingga terkenal tidak hanya di dalam negeri saja melainkan dapat terekspor hingga ke luar negeri.

"Adanya pembentukan kelompok petani kopi Desa Sumberagung ini dapat membantu petani kopi dalam meningkatkan hasil produksi kopi", ujar mahasiswa KKN UM Desa Sumberagung.