Mohon tunggu...
Desiana
Desiana Mohon Tunggu... Desiana

"Simplicity is the key to happiness."

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Bersama Satu Tujuan, Satu Tantangan Memperbaiki Bumi

2 Mei 2021   10:30 Diperbarui: 2 Mei 2021   10:37 67 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersama Satu Tujuan, Satu Tantangan Memperbaiki Bumi
pinterest.com/chenri

Bumi adalah tempat tinggal bagi berbagai macam makhluk hidup antara lain manusia, hewan, dan tumbuhan. Maka dari itu bumi berperan penting bagi kehidupan semua makhluk hidup yang ada di dalamnya, begitu pun sebaliknya makhluk hidup juga memiliki peran penting dalam menjaga dan melestarikan bumi dan alam lingkungannya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, kondisi dan fungsi bumi mulai tidak berjalan dengan normal lagi, hal ini disebabkan oleh keserakahan manusia dalam mengelola maupun memanfaatkan kekayaan alam yang ada di dunia ini. Manusia cenderung tidak lagi memperhatikan kesehatan bumi, mulai dari merusak alam, pemakaian bahan kimia berbahaya, serta kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan produksi gas karbondioksida. Salah satu akibat dari naiknya produksi gas karbon adalah dapat memicu terjadinya pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim. Perubahan Iklim adalah perubahan yang signifikan terhadap iklim, suhu udara dan curah hujan mulai dari bulanan, tahunan bahkan sampai jutaan tahun. Perubahan iklim terjadi karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer yang menyebabkan efek gas rumah kaca meningkat. Pada dasarnya, gas rumah kaca juga dibutuhkan dalam menjaga suhu bumi tetap stabil. Tetapi, konsentrasi yang semakin meningkat membuat lapisan atmosfer bumi semakin tebal. Penebalan lapisan atmosfer bumi tersebut dapat menyebabkan panas bumi yang terperangkap di atmosfer semakin banyak, sehingga mengakibatkan peningkatan suhu bumi, yang disebut dengan pemanasan global. Hal-hal yang dapat menyebabkan tingginya produksi konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer, yaitu penebangan pohon dan pembakaran hutan, penggunaan bahan bakar fosil, pencemaran laut serta industri pertanian.

Perubahan iklim dapat berdampak pada peningkatan tinggi permukaan air laut, meningkatkan jumlah bencana alam, pergeseran rentang geografis, serta kerusakan ekosistem. Manusia, hewan, tumbuhan, maupun mikroorganisme dapat merasakan dampak dari perubahan iklim. Perubahan iklim akan memberikan dampak pada lautan, daratan maupun di lapisan udara. Dampak-dampak yang ditimbulkan akibat perubahan iklim sangat besar bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Naiknya suhu bumi tidak hanya berdampak pada meningkatnya suhu pada permukaan bumi tetapi juga dapat mengubah system iklim yang mempengaruhi beberapa aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia. Sebagai contoh dampak yang terjadi pada sumber daya air yaitu penurunan kualitas air dan berkurangnya kuantitas air, tingginya curah hujan akan mengakibatkan menurunnya kualitas air. Perubahan curah hujan yang meningkat dapat diamati dengan jenis musim yang tidak menentu. Di musim hujan, curah hujan akan menjadi sangat tinggi sehingga dapat menimbulkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Sedangkan di musim kemarau dapat menyebabkan kekeringan dan penurunan ketersediaan air secara berkepanjangan. Pada kondisi seperti ini yang kemudian akan mempengaruhi jumlah pasokan air di wilayah perkotaan dan bagi pertanian, serta meluasnya kebakaran hutan. Dan masih banyak lagi dampak yang ditimbulkan dari terjadinya perubahan iklim seperti peningkatan suhu bumi, kenaikan suhu dan tinggi muka laut, pergeseran musim, perubahan curah hujan dan lain sebagainya.

Namun, dampak dari perubahan iklim telah memberi peluang bagi terciptanya kesadaran di dalam pemikiran masyarakat global akan pembangunan berkelanjutan. Berbagai macam dampak negatif yang telah dirasakan  secara langsung oleh masyarakat memberikan kemungkinan pemanfaatan perubahan iklim dalam bentuk positif. Perubahan iklim  dapat meningkatkan daya cipta dan reka baru terhadap beberapa model bisnis dan politik. Melalui pembangunan yang berkelanjutan, masyarakat dapat meningkatkan penggunaan cara-cara mutakhir dalam mengelola alam berdasarkan kearifan lokal yang ada di lingkup suatu negara maupun global.

Melihat dari fakta-fakta tersebut, kita sebagai makhluk hidup harus bertanggung jawab penuh dalam menjaga serta merawat kesehatan bumi, dengan melakukan berbagai macam pencegahan agar tidak terjadi lagi produksi gas karbon secara berlebihan karena dapat berdampak besar pada kesehatan bumi, alam lingkungan, serta akan berdampak juga pada makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Maka dari itu, mulai sekarang masyarakat diminta untuk mematuhi peraturan yang telah dibuat pemerintah demi keamanan dan kenyamanan bersama, karena jika kita menjaga bumi dengan baik maka sebaliknya dia juga akan menjaga kita. Mari kita menjaga kelestariannya demi masa depan yang bersahabat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x