Mohon tunggu...
Deni Mildan
Deni Mildan Mohon Tunggu... Geologist

Geologist | Open Source Software Enthusiast | Menulis yang ringan-ringan saja. Sesekali membahas topik serius seputar ilmu kebumian | deni.mildan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Sering Beraktivitas di Luar Ruangan, Inilah Cara Bersihkan Noda Lumpur pada Pakaian

3 Juni 2021   16:57 Diperbarui: 3 Juni 2021   19:03 78 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sering Beraktivitas di Luar Ruangan, Inilah Cara Bersihkan Noda Lumpur pada Pakaian
Ilustrasi aktivitas luar ruangan penuh noda lumpur (Foto Vidar Nordli-Mathisen dari Unsplash)

Mencuci pakaian dengan sabun, baik dikucek ataupun dengan bantuan mesin cuci merupakan cara paling mudah untuk menghilangkan noda yang tertinggal pada pakaian. Cara tersebut ampuh untuk sebagian besar kasus kotoran, tapi tidak dengan yang lainnya. 

Salah satu yang paling sulit dibersihkan dengan proses mencuci biasa adalah noda lumpur.

Noda lumpur ini merupakan "sahabat" yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita yang berkegiatan di luar ruangan. Kegiatan tersebut bisa berupa olahraga, hobi menjelajah alam, ataupun blusukan masuk hutan seperti profesi saya yang seorang geologiwan.

Kegiatan luar ruangan sangat melelahkan bagi fisik dan juga mental. Kita ogah menambah beban badan dan pikiran dengan tumpukan cucian penuh lumpur yang sulit dibersihkan.

Apalagi jika perbekalan pakaian terbatas. Pastinya kita harus segera sedia pakaian bersih yang nyaman untuk dikenakan selama berkegiatan.

Buat kamu yang masih kesulitan mengatasi noda lumpur membandel pada pakaian, berikut cara ampuh untuk mengatasinya.

1. Tunggu lumpur kering, jangan langsung dicuci

Mungkin kita akan agak risih jika membiarkan lumpur menempel di pakaian hingga berakhir kegiatan. Ingin rasanya segera mencuci kotoran agar baju dan celana terlihat agak mendingan.

Ini yang biasanya jadi kesalahan utama dalam membersihkan noda lumpur. Karena tidak sabaran kita biasanya langsung membersihkan saat noda dan pakaian masih basah.

Yang perlu kamu lakukan malah sebaliknya. Biarkah noda lumpur dan pakaian mengering agar noda lumpur tidak melebar kemana-mana. Setelah kering, angkat noda lumpur sebisanya dengan menggunakan sikat kering.

2. Gunakan deterjen cair

Menggunakan deterjen cair dianggap lebih mudah menghilangkan noda yang sulit dihilangkan. Jangan gunakan deterjen bubuk pada tahap ini.

Teteskan deterjen cair pada noda yang masih tertinggal. Basahi noda sisa lumpur tersebut. Kucek hingga noda memudar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN