Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Resep Sederhana Pisang Goreng Kipas Crispy

20 Desember 2022   18:26 Diperbarui: 20 Desember 2022   18:44 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pisang goreng merupakan camilan favorit keluarga kami. Untuk teman minum teh atau kopi. Di pagi hari atau sore hari. Bahkan malam hari ketika sedang mengerjakan tugas atau ada tamu dadakan.

Oleh karenanya pisang uli atau pisang kepok diupayakan selalu tersedia  di rumah. Padahal standar saja membuat pisangnya. Yaitu pisang goreng dengan adonan tepung yang telah dicampur gula dan sedikit garam.

Disajikan begitu saja atau ditaburi parutan keju. Dimakan saat hangat rasanya luar biasa sekali. Namanya juga kesukaan. Nah, suatu hari ada tukang yang akan merenovasi beberapa bagian di rumah.

Janjinya akan datang jam 08.00 WIB. Ternyata belum jam 07.00 WIB sudah datang. Kelabakan dong saya. Karena belum membeli jajanan untuk suguhan. Rencananya ingin menyuguhi kue bolu atau jajanan pasar. Ternyata keburu. datang.  Jadi tidak sempat membelinya.

Ya, sudah. Saya buatkan pisang goreng saja. Selain mudah dan cepat membuatnya, praktis pula menyajikannya. 

Saya pun segera menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Ternyata nih ternyata tepung terigunya habis. Yang masih ada tepung beras.

Ya ampun? Bagaimana ini? Terlalu lama kalau harus membelinya terlebih dulu. Apalagi membeli secara online. Akhirnya saya olah saja bahan yang ada. Tepung beras, telur, margarin, gula dan garam.
Semua bahan saya aduk sampai tercampur rata. 

Pisang uli yang tersedia saya belah dua. Sehingga terlihat tipis. Kemudian panaskan minyak di wajan. Setelahnya masukan pisang yang telah bercampur adonan.

Hasilnya? Pisang terlihat crispy. Maka saya lebarkan adonan tepungnya saat dicelupkan ke wajan. Ternyata hasilnya lebih menarik dari yang pertama. Wah, boleh juga pikir saya.

Setelah terlihat agak kuning, pisangnya segera saya angkat dan tiriskan. Wah, ternyata bagus juga pisang goreng hasil eksperimen saya. Saya beri nama pisang goreng kipas crispy.

Karena bentuknya seperti kipas dan renyah. Begitu saya suguhkan untuk tukang yang bekerja di rumah. Mereka bilang enak dan renyah. Wah, syukurlah. Tak sia-sia resep dadakan dan sederhana pisang goreng kipas crispy buatan saya.
Penasaran? Silakan mencoba. Mudah dan praktis kok membuatnya. (EP)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun