Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Pitutur Jokpin Membangkitkan Semangat Berpuisi

23 November 2021   15:02 Diperbarui: 23 November 2021   17:11 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Joko Pinurbo atau biasa disapa dengan nama Jokpin, sastrawan yang karyanya pernah saya dan teman-teman bawakan di acara Komunitas Chattra Kebaya. Waktu itu kami membaca puisi yang berjudul Kamus Kecil.

Saya mengenal karya Jokpin melalui beberapa kutipan yang ditulis oleh seorang teman. Kemudian melalui tweet yang muncul di beranda.

hidup adalah

pustaka cinta

yang tak akan habis dibaca

Demikian salah satu kutipan yang saya baca dan sangat berkesan. Namun sejak membacakan puisi Kamus Kecil bersama teman-teman komunitas, saya semakin menyukai karya-karya beliau.

Oleh karenanya ketika Rumah Pena Inspirasi Sahabat (Rumpies The Club) mengadakan "Bincang Buku Bareng Jokpin" tentu saya tak ingin melewatkan kesempatan tersebut. Meski sejujurnya saya belum pernah mengikuti kegiatan virtual melalui Goegle Meet.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Berkat RTC dan Jokpin, saya mendapat pengalaman baru. Yaitu berkenalan dengan Goegle Meet. Ternyata seru juga dan enggak pakai ribet. Bisa bertatap dan ngobrol langsung dengan para punggawa RTC. Admin Kompasiana. Dan yang utama nih mendapatkan ilmu secara langsung dari Jokpin. Diantaranya:

1 . Perlu adanya rasa cinta atas apapun yang telah menjadi pilihan kita.

2 . Biasakan mencatat (dalam hal ini secara konvensional menggunakan kertas dan pulpen), meski hanya beberapa kata.

3 . Seorang penulis itu harus sabar dan tahan mental

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun