Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sayur "Oblok-oblok" Resep Warisan Emak

21 April 2020   03:00 Diperbarui: 21 April 2020   03:14 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Waktu masih kecil saya kerap diajak ibu ke dapur. Entah sekadar dimintai tolong mengambil bumbu dapur atau memotong-motong sayuran. Saya kecil tentu senang-senang saja.

Rupanya ini cara ibu mengenalkan saya pada aneka bumbu yang ada di dapur. Cara ibu mengajari saya memasak tanpa saya sadari. Sebab setelah agak besar, ibu mulai meminta saya untuk menumis bumbu-bumbu yang sudah diirisnya. Atau mengaduk-aduk sayuran yang telah dibuat ibu.

"Coba tolong aduk dan cicipi. Sudah empuk belum? Kurang asin atau gimana?"

Saya pun dengan senang hati mengikuti perintah ibu 

"Sayur apa nih, Bu?" tanya saya. 

Karena saya tidak ikut meracik-racik sayurannya seperti biasa. Tiba-tiba sudah mau matang. Biasanya saya membantu ibu dari awal. Sehingga tahu apa nama sayur yang akan dimasak oleh ibu.

"Yuk kita ke dapur bikin tumis kangkung."

Begitu biasanya ibu mengawali ajakannya memasak. Namun tidak kali ini.

"Itu namanya sayur oblok-oblok," sahut ibu.

"Kok gitu namanya," protes saya.

"Karena ibu juga tahunya seperti itu. Nenek yang mengajari dulu itu."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun