Mohon tunggu...
Rizal Mutaqin
Rizal Mutaqin Mohon Tunggu... Tentara - Semua Orang Akan Mati Kecuali Karyanya

Tulislah Sesuatu Yang Akan Membahagiakan Dirimu Di Akhirat Kelak

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Resep Lebaran Warisan Keluarga

7 April 2024   11:15 Diperbarui: 7 April 2024   11:29 304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pikiran rakyat

Lebaran adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang di Indonesia. Selain sebagai ajang silaturahmi, Lebaran juga identik dengan hidangan-hidangan lezat yang menjadi tradisi. Di keluarga banyak orang, terdapat beberapa resep khas Lebaran yang telah diwariskan turun-temurun. Berikut adalah beberapa resep Lebaran warisan keluarga yang patut Anda coba.

1. Ketupat Lebaran: Ketupat adalah salah satu makanan khas Lebaran yang tak bisa lepas dari tradisi. Cara membuatnya cukup sederhana, namun memerlukan teknik khusus agar teksturnya pas. Ketupat biasanya disajikan dengan opor ayam atau rendang.

2. Opor Ayam: Opor ayam adalah masakan khas Jawa yang wajib ada di meja Lebaran. Kuah santan yang kental dengan rempah-rempah khas membuatnya memiliki rasa yang gurih dan lezat. Opor ayam biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong.

3. Rendang: Meskipun awalnya berasal dari Minangkabau, rendang kini telah menjadi salah satu masakan favorit selama Lebaran di seluruh Indonesia. Daging sapi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah ini memiliki rasa yang kaya dan gurih.

4. Kue Lebaran: Kue-kue kering juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Lebaran. Ada berbagai macam kue seperti nastar, kastengel, dan putri salju yang selalu ada di meja saat Idul Fitri. Kue-kue ini biasanya dibuat jauh-jauh hari sebelum Lebaran tiba.


5. Lontong Sayur: Lontong sayur adalah makanan khas Betawi yang juga populer saat Lebaran. Lontong yang dimasak bersama sayuran dan kuah santan memberikan sensasi rasa yang unik dan lezat.

6. Sambal Goreng Ati: Masakan ini terbuat dari hati ayam yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan. Sambal goreng ati biasanya disajikan bersama nasi impit atau lontong.

7. Nasi Tumpeng: Nasi tumpeng adalah hidangan istimewa yang biasanya disajikan saat Lebaran untuk merayakan keberkahan. Nasi yang disajikan dengan lauk-pauk khas Indonesia ini selalu menjadi pusat perhatian di meja Lebaran.

8. Sayur Lodeh: Sayur lodeh adalah masakan sayuran yang dimasak dengan kuah santan dan rempah-rempah. Sayur-sayuran seperti labu, tahu, dan tempe biasanya menjadi bahan utamanya.

9. Es Buah: Untuk menambah kesegaran, es buah seringkali menjadi pilihan untuk hidangan penutup saat Lebaran. Buah-buahan segar yang dicampur dengan sirup dan es serut membuatnya menjadi hidangan yang menyegarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun