Mohon tunggu...
Dewi Mariyati
Dewi Mariyati Mohon Tunggu... as long as

Pembelajar amatir kadang nulis kadang enggak, seringnya nulis tapi disimpen doang Ig @dewimariyati_

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Soto Bathok Yogyakarta

14 Januari 2019   11:46 Diperbarui: 14 Januari 2019   11:52 461 3 4 Mohon Tunggu...

Selamat pagi menjelang siang semuaa

Masih tentang #30haribercerita dan ini cerita hari ke-14 dann syukurnya masih konsisten cerita menu sarapan di Jogja. Hari ini aku mau cerita tentang soto bathok. Soto emang udah gak asing lagi buat masyarakat Indonesia baik dari sabang sampai merauke. Soto juga banyak jenisnya loh mulai dari yang kuahnya encer, kuahnya santen, koya, soto kuah susu dan makin banyak inovasi rasa sekarang ini. 

Soto yang pada hakikatnya adalah makanan berkuah yang berisi sayuran (kol, toge dan teman-temannya), mie bihun, dan campuran daging. Soto sendiri kalok menurut aku emang paling cocok buat dijadiin temen sarapan. 

Soto biasanya disajikan pas panas-panas sama nasi, sambel dan gorangan ataupun kerupuk khusus di daerah jogja dan sekitar (mungkin dilain tempat juga iya, karna akupun belum banyak riset langsung tentang soto-soto di daerah lain hiihi) hampir disetiap penjual soto juga nyediain berbagai sate-satean kayak sate usus, telur puyuh sama sate ati ampela.

Berhubung aku di Jogja ya mau cerita soto yang ada di Jogja aja hehe. Sebenernya sudah banyak soto yang daku coba selama di Jogja ini,mulai dari rekomendasi temen, asal nemu atau emang udah ngecim liat di instagram. Ada beberapa yang ngena di hati tapi yang mau di bahas satu aja, Soto Batok. 

Pertaman karena tertarik sama namanya, trus setelah dateng langsung ketempatnya tertarik sama tempatnya, trus setelah liat harganya amat sangat tertarik sama harganya, trus setelah sotonya dateng tertarik sama penyajiannya dann ya gongnya tetep sih tertarik sama rasanya jadi meski agak jauh tetep rela dateng dah we buat makan ni soto. Penampakan depannya nih gini, rame ya

dokpri
dokpri
Oke kita bahas satu-satu yah, mulai dari tempat. Soto Batok ini adalah Soto Bathok Mbah Karto tempatnya pas banget di belakang candi Sambisari Kalasan, Sleman, YK. Tempatnya nyaman bat dah, dipinggir sawah adem (terbuka soalnya), luas juga, nah kita bisa milih nih mau maemnya duduk di kursi atau lesehan di pendopo-pendopoan gitu (kebayang kann), trus ada ayunan-ayunan buat mainan anak-anaknya juga suasana keluarga banget dah. 

Oke next yah, pertama masuk biasanya kita langsung ditanyain mau pesen apa, menunya tuh ditulis di papan tulis di depan gitu nanti ada mbak-mbak atau mas-mas yang siap sedia nulis pesenan kita, dan you know whatt harganya yang paling mahal cuman 7rebu ya tujuribu gaess, tujuribu buat dapetin soto daging sapi sama tempat yang nyaman gilee ditambah lagi bisa langsung main ke candi Sambisari yang kadang kalok pagi bebas masuk tanpa bayar. 

Iya, emang harganya murmer sekalii, tapi rasanya tetep nyenengin, isinya sih ya minimalis sih tapi tetelan dagingnya nyenengin dah, biasanya kalok laper sekalii pesen 1 kurang sih. Oh ya, 7rb itu soto nasi pisah yah, kalok soto nasi campur cuman 5rb saja. 10rb dah dapet soto, minum sama tempe dah. Tempenya 5ratusan, sate-sateanya 2rebuan. Ini pinggirannya, adem aja gitu liatnya

dokpri
dokpri
Next penyejiannya, sesuai sama namanya sih, penyajiannya pakek batok alias tempurung kelapa. Buat aku yang suka sekali ornamen-ornamen yang warna-warnanya kek kayu ya jelas lucu sekalii hahha. Mangkuknya pakek batok ya jadi wajar kalok porsinya lumayan unyu, tapi ya gk sedikit-sedikit amat kok. 

Nah buat rasanya, oke kokk mantaplahh. Cobain aja dah kalok penasaran hihi. Bonusnya kalok makan disini nih, bisa langsung jalan ke Candi Sambisari, secara cuman dibelakangnya doang guys. Nah kalok makannya pagi-pagi bisa banget tuh dilanjut joging keliling candi atau joging dulu baru sarapan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN