Mohon tunggu...
Dede Rudiansah
Dede Rudiansah Mohon Tunggu... Editor - Reporter | Editor | Edukator

Rumah bagi para pembaca, perenung, pencinta kopi, dan para pemimpi yang sempat ingin hidup abadi.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi tentang Perempuan: Untuk Kamu, Titik Embun di Ujung Daun

15 November 2023   05:07 Diperbarui: 24 November 2023   01:49 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk Kamu, Titik Embun di Ujung Daun

Memandangmu adalah kesejukan. Bagai malam musim semi berterangkan rembulan. Dan jingganya senja, penuhi mataku, saat ini.

Tak secuil pun kecelaan. Kau hidup pun, tidak dalam kuil pemujaan. Namun cantiknya dirimu, meratu di tiap-tiap jiwa manusia. Dan pelukanmu, jadi rumah bagi tuan-tuan yang terluka.

Kau umpama riak sejuk di telaga surga itu. Perlahan lembut tembus betisku. Barakan hati, bangkitkan sanubari. Kau tercipta dari cinta. Jiwa ragamu adalah kasih dan sayang.

Kau adalah tempat manusia berpulang. Sedang dunia hanya medan laga dalam perang. Menangis dan bermanjalah dalam larik peluk-senyumnya. Niscaya hilanglah nista karenanya.

Namun sayang, kau laksana titik embun di ujung daun. Sungguh indah namun gawat dan rentan jatuh. Kau mirip mawar merah si Pangeran Cilik itu. Jelita, manja, namun rentan terpetik.

Ketika kulihat kau bersuka, semilir udara langit kurasa lembut membelai jiwa. Ketika kulihat kau terluka, kurasa amuk cambuk Malik kerdilkan jiwa.

Aku tak bisa berkata apapun tentangmu. Aku tak tahu apapun tentang dirimu. Yang kutahu, jiwa ragamu adalah kasih dan sayang, sayang.*** Kuningan, 14 April 2017

Penulis: Dede Rudiansah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun